Cara Alami Mengobati Susah Buang Air Besar

Cara Alami Mengobati Susah Buang Air Besar
Cara Alami Mengobati Susah Buang Air Besar

TIPSDANCARA.NET – Apakah Anda pernah mengalami rasa tidak nyaman pada bagian perut karena sudah berhari-hari belum buang air besar? Masalah yang satu ini dikenal dengan nama sembelit. Ingat, buang air besar wajib dilakukan setiap harinya. Jika tidak, yang Anda rasakan adalah tidak nyaman, bahkan lebih parahnya dapat menyebabkan pendarahan di bagian anus saat BAB.

Masalah sulit BAB paling sering dialami oleh banyak orang. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam sistem pencernaan, BAB setiap hari menandakan sistem pencernaan dalam keadaan sehat. Mengalami sembelit, berarti sistem pencernaan Anda sedang bermasalah. Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan beberapa cara.

Maka dari itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara alami mengobati susah buang air besar:

Minum 8 Gelas Air Setiap Hari

Jika sudah beberapa hari Anda mengalami gangguan BAB, berarti Anda sedang dehidrasi. Untuk itu, konsumsi air putih 8 sampai 10 gelas air perhari. Dengan begitu, tubuh tidak akan dehidrasi dan bisa membantu Anda dalam mengeluarkan racun pada tubuh.

BACA:  Cara Alami Mengatasi Sakit Pencernaan

Banyak Makan Buah dan Sayur Berserat

Susah BAB menandakan Anda kurang mengkonsumsi serat. Pada umumnya orang lebih peduli perut kenyang dibanding harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan seratnya. Jadi, untuk mengobati gangguan BAB sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya.

Minum Kopi, Tapi Sehatkah?

Biasanya orang-orang memilih minum kopi untuk mengobati gangguan sembelit. Cara ini sangat efektif, karena kandungan kafein pada kopi bisa menstimulasi otot-otot pencernaan. Sehingga mereka akan mengalami mulas dan BAB menjadi mudah.

Namun, beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa minum air tertentu bisa mempermudah BAB. Tapi, mengkonsumsi minuman seperti kopi, alkohol, soft drink dan teh tidak diperbolehkan.

Gerakkan Tubuh

Anda dianjurkan untuk menggerakkan tubuh selama 10 menit setelah makan. Untuk lebih baik, Anda harus selalu berjalan paling tidak 30 menit dalam sehari. Karena saat tubuh bergerak aktif, secara otomatis usus Anda juga akan aktif bergerak sehingga membuatnta semakin sehat.