Cara Memutihkan Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

Cara Memutihkan Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari
Cara Memutihkan Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

TIPSDANCARA.NET – Selalu melakukan aktivitas diluar rumah, maka Anda perlu waspada jika terlalu lama terekspos di bawah sinar matahari. Kulit Anda akan terbakar bahkan bisa teriritasi. Selain itu, kulit Anda akan berwarna merah dan terasa sakit.

Memang krim tabir surya bisa melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB, tapi itu tidak menjamin kulit Anda tidak gosong. Untuk mengatasi hal seperti ini, cobalah ikuti beberapa cara berikut ini.

Lidah Buaya

Anda bisa membeli gel lidah buaya di supermarket atau tokoh-tokoh terdekat. Lidah buaya memiliki kandungan antioxidant dan anti-radang untuk mengatasi kulit gosong akibat terpapar sinar matahari.

Bagi Anda mempunyai tanaman lidah buaya di rumah, Anda bisa mengambilnya beberapa batang. Caranya potong menjadi beberapa bagian kemudian oleskan gel yang keluar dari daun lidah buaya tersebut di bagian kulit selam 15 menit.

Cuka Apel

Dr. Jonette Keri, M.D., profesor dermatologi di Universitas Miami Miller School of Medicine menjelaskan bahwa cuka apel terbukti bisa menyembuhan luka bakar. Kandungan zat antiseptiknya bisa mendinginkan kulit Anda.

BACA:  Tips Merawat Kulit Wajah Berjerawat

Bahkan cuka apel dapat menyeimbangkan tingkat pH pada tubuh dan meringankan rasa perih akibat luka bakar.

Baking Soda

Baking soda dipercaya bisa mengatasi kulit gosong. Baking soda dapat menimbulkan reaksi alkali yang bersifat mendinginkan kulit. Selain itu, kandungan antiseptiknya juga bisa mengurangi gatal.

Madu

Madu adalah penyembuh yang sangat efektif dari segala macam penyakit, salah satunya adalah kulit terbakar matahari. Madu memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-radang sehingga bisa mengatasi kerusakan kulit akibat matahari. Namun, sebaiknya Anda memilih madu manuka yang kaya akan amino acids.