Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Gigi BerlubangGigi berlubang bisa saja dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. Banyak hal yang dapat membuat gigi Anda berlubang, seperti kurangnya perhatian Anda tentang kebersihan gigi. Jika gigi Anda sudah berlubang pastinya dapat menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan, karena lubang pada gigi Anda sudah terlalu dalam.

Sebelum Anda mempunyai masalah gigi berlubang, Anda dapat mencegahnya sedini mungkin. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan gigi Anda berlubang.

Cara Menyikat Gigi yang Salah

Meskipun mudah, cara menyikat gigi kebanyakan orang masih banyak yang salah. Menyikat gigi yang benar adalah dari atas ke bawah dan dilaukan selama dua menit, untuk terlihat mudah membersihkannya lakukan di depan cermin.

Gula dan Bakteri

Menurut dokter gigi asal Amerika, lubang pada gigi disebabkan oleh gula dan bakteri. Bakteri yang terdapat pada gigi Anda dapat mengubah sisa makanan menjadi asam, Nah lubang kecil pada gigi Anda di sebabkan oleh asam tersebut. Lubang kecil inilah berpotensi menjadi lubang yang besar sehingga sisa makanan dapat masuk dan membuat Anda merasa nyeri.

Sikat Gigi Minimal 2 x Sehari

BACA:  Cara Membatasi Konsumsi Garam Dalam Sehari

Dianjurkan menggosok gigi pagi dan malam agar gigi Anda bersih dari sisa makanan, untuk hasil yang maksimal Anda bisa tambahkan obat kumur sesudah menggosok gigi.

Gunakan Benang Gigi Ketimbang Tusuk Gigi

Apabila gigi Anda terdapat sisa makanan, sebaiknya gunakan benang gigi untuk membersihkannya. Benang gigi lebih aman digunakan dibandingkan dengan tusuk gigi yang berpotensi menimbulkan celah gigi semakin melebar.

Kumur Setelah Makan

Berkumurlah setelah makan karena dapat mengurangi sisa makanan yang terdapat pada gigi Anda, mengurangi sisa makanan berarti Anda dapat mencegah keasaman rongga mulut.