Cara Mengemudi Motor Skuter-Matik Yang Aman

Cara Mengemudi Motor Skuter-Matik Yang AmanMengendarai motor skuter-matik adalah cara yang nyaman dan menyenangkan untuk perjalanan jarak pendek. Dibandingkan dengan mobil atau sepeda motor sport, motor skuter-matik sangat ekonomis bahkan dalam perekonomian sulit saat ini. Mesin motor skuter-matik juga sangat terjangkau dari segi biaya bahan bakar, pemeliharaan dan asuransi, membuat motor skuter-matik menjadi kendaraan dengan penjualan tercepat di pasaran saat ini. Tetapi jika Anda berpikir untuk melakukan perjalanan dengan motor skuter-matik, ada beberapa tindakan pencegahan keselamatan yang harus Anda pertimbangkan.

Mengendarai motor skuter-matik tidak mudah yang langsung duduk dan tancap gas. Bisa saja Anda akan merasakan kesulitan. Keseimbangan juga kadang-kadang bisa menjadi sangat rumit. Jadi, sebelum Anda naik skuter-matik pastikan bahwa Anda melengkapi diri dengan tips keselamatan.

Kenakan Aksesoris Keselamatan Tepat

Aturan pertama dalam aman untuk mengendarai motor skuter-matik dengan memakai aksesoris keselamatan yang tepat meliputi helm, jaket kulit, bantalan siku, kneepads, dan alas kaki yang memberikan perlindungan yang tepat dan memadai.

Fokus

Apa pun yang Anda gunakan, apakah itu kendaraan roda 4 atau roda dua yang paling penting adalah menjaga pandangan Anda tetap fokus di jalan. Fokus pada saat mengemudi akan menghindari Anda dari masalah yang mungkin Anda temukan di jalan. Semakin awal Anda melihat potensi bahaya, maka semakin besar pula kemungkinan Anda dapat menghindarinya dan mungkin menyelamatkan diri dari kecelakaan fatal.

Berkendara

BACA:  5 Cara Sederhana Merawat Motor Matik Injeksi

Karena skuter-matik pendek, ringan, dan sangat lincah. Jadi, setiap gerakan yang tiba-tiba pada saat berkendara akan mengakibatkan kecelakaan. Dengan demikian, penting untuk Anda melakukan pergerakan yang santai dan selembut mungkin pada saat menikung untuk menjaga skuter-matik tetap stabil.

Berkendara Dalam Kondisi Jalan Yang Baik

Skuter-matik memiliki roda kecil dan ringan jadi saat melintasi penyimpangan jalan seperti lubang atau jalan yang retak dengan roda kecil tersebut dapat berbahaya. Karena skuter-matik begitu ringan, membentur benjolan kecil di jalan bisa saja menimbulkan kecelakaan. Untuk menghindari risiko yang kemungkinan terjadi Anda hanya harus berkendara dalam kondisi pencahayaan yang baik dan pada permukaan jalan yanghalus. Hindari berkendara pada malam hari atau di daerah gelap dan permukaan yang tidak rata atau basah.