Cara Menjaga Kesehatan Gigi yang Dibehel

Cara Menjaga Kesehatan Gigi yang DibehelSaat ini kawat gigi atau behel sudah menjadi trend dan sebagian orang menggunakannya untuk merapikan posisi gigi mereka. Selain itu, ada juga beberapa orang yang memakai kawat gigi atau behel hanya untuk kebutuhan fashion semata. Agar terhindar dari kerusakan gigi, Anda harus mengetahui cara menjaga kesehatan gigi yang baik dan benar.

Terkadang saat memakai behel biasanya menyulitkan Anda ketika makan. Apalagi jika makanan tersebut tersangkut di bagian-bagian behel. Jika Anda tidak membersihkan sisa makanan itu, maka plak-plak kecil pada gigi dan bisa menyebabkan gigi keropos.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus menghindari beberapa makanan untuk dikonsumsi saat gigi masih dipasangi behel. Berikut ini cara

Selalu Menjaga Kebersihan Gigi
Usahakan membersihkan gigi setiap selesai makan. Bersihkan sisa makanan di celah-celah gigi dan juga behel. Jangan biarkan begitu saja sisa-sisa makanan menempel pada gigi dan behel Anda.

Hindari Makanan Yang Mudah Menempel
Selain itu jangan mengkonsumsi makanan yang mudah menempel selama memakai behel. Misalnya permen karet, permen kenyal, cokelat dan makanan yang mudah menempel lainnya.

Hindari Makanan Tersangkut
Jangan pernah langsung mengkonsumsi jagung dari tongkolnya atau mengkonsumsi apel secara utuh. Jika Anda melakukan hal seperti ini bisa membuat kulit jagung jadi tersangkut di selah-selah behel Anda. Disarankan mengkonsumsi apel yang sudah dikupas atau dipotong-potong kecil agar lebih mudah.

BACA:  Cara Alami Mengobati Batuk Kering

Periksakan Gigi Ke Dokter
Pastikan Anda selalu memeriksakan gigi secara rutin ke dokter untuk menjaga kesehatan gigi. Selain itu, Anda juga bisa bertanya tentang jenis makanan apa yang bisa dikonsumsi saat masih memakai behel.