Cara Merangsang Nafsu Makan Anak

Cara Merangsang Nafsu Makan AnakJika Anda sebagai orang tua yang memiliki anak yang susah makan, Anda bisa melakukan beberapa hal yang terbukti bisa meningkatkan nafsu makan anak.

Salah satu cara yang bisa dicoba adalah menyajikan makanan dengan variasi agar terlihat menarik bagi anak. Cobalah sajikan makanan dengan nutrisi lengkap dan memiliki banyak warna dan bentuk untuk menarik perhatian anak.

Pada umumnya anak-anak lebih tertarik pada makanan yang memiliki banyak warna dan bentuk dibandingkan dengan tidak. Makanan yang disajikan dalam bentuk menarik pastinya bisa meningkatkan nafsu makan anak.

Anak-anak dan orang dewasa pasti memiliki penilaian yang berbeda, rasa yang berbeda dan perbedaan selera makanan. Segala hal yang terlihat menarik bagi anak-anak dan apa yang menarik bagi orang dewasa sangat berbeda. Kebanyakan orang tua sering menyajikan makanan yang sama dengan selera mereka.

Wansink melakukan penelitian fokus pada apa yang membuat anak tertarik pada makanan, dan dari penelitiannya itu, ia mengungkapkan pentingnya penyajian makanan terkait nafsu makan anak. Dalam menyajikan menu makanan adalah hal yang sangat penting karena hal tersebut bisa merangsang nafsu makan anak-anak.

Penelitian dari Cornell university, New York AS melibatkan baik itu anak dan orang tua. Penelitian tersebut dilakukan dengan memperlihatkan 48 gambar makanan kepada 23 anak dan 46 orang tua. Alhasil anak lebih memilih makanan yang memiliki banyak warna dan bentuk yang unik. Hal ini pastinya sangat berbeda dari orang tua yang lebih memilih makanan yang biasa-biasa saja.

BACA:  Tips Mudah Hadapi Suami Manja

Kesimpulan dari penelitian ini memperlihatkan anak lebih memilih makanan dengan warna beraneka ragam, sedangkan orang tua lebih memilih makanan dengan tiga warna. Selain itu, penempatan makanan juga sangat penting bagi anak-anak karena mereka lebih memilih menu utama misalnya ikan, daging, telur dan lain sebagainya.

Professor Wansink dan rekan-rekan penelitinya dari London Metropolitan University dianjurkan bagi orang tua bisa memberikan perhatian lebih dan sentuhan sederhana seperti ini. Orang tua harus lebih mengerti untuk menyajikan daging dalam sebuah menu makanan dengan bentuk seperti senyuman wajah atau bentuk hati.