Cara Mudah Mengatasi Hipertensi

TIPSDANCARA.NET – Hipertensi termasuk salah satu penyakit yang mematikan dan paling banyak dialami oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan masyarakat jarang melakukan pemeriksaan kesehatan. Pada akhirnya tubuh mengalami hipertensi.

Cara Mudah Mengatasi Hipertensi
Cara Mudah Mengatasi Hipertensi

Hipertensi sendiri adalah kondisi tekanan darah yang sangat tinggi. Gejalanya jarang dilihat namun bisa menyebabkan penyakit lain seperti jantung, ginjal, diabetes dan stroke. Maka dari itu, Anda perlu mencegahnya secara dini. Caranya langsung saja Anda simak berikut ini;

Olahraga Teratur

Melakukan olahraga secara rutin bisa mengoptimalkan kinerja jantung sehingga aliran darah menjadi lancar. Cukup olahraga ringan seperti jalan cepat, jogging atau bersepeda selama satu jam.

Kurangi Asupan Natrium

Saat ini makanan tradisional banyak mengandung garam dan lemak jahat. Perlu Anda ketahui bahwa garam bisa menghambat penyumbatan cairan pada tubuh sehingga menimbulkan tekanan darah tinggi. Maka dari itu, batas natrium yang dikonsumsi adalah 1.500 mg/hari.

Mengkonsumsi Mengkudu

Mengkudu bersifat anti-bodi, anti-bakteri dan scopoletin. Hal inilah yang membuatnya bisa mencegah hipertensi. Konsumsilah 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

BACA:  Cara Tepat Mengatasi Mata Kelilipan

Mengkonsumsi Timun

Kandungan mineral potasium pada timun efektif dalam mengatasi ginjal dan hipertensi. Maka dari itu, konsumsilah buah mentimun dengan cara menambahkan timun sebagai lalapan disaat makan atau dibuat jus.

Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih banyak mengandung gas hidrogen sulfida yang berfungsi melebarkan pembuluh darah dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan adalah cara terbaik mencegah hipertensi. Memilih makanan juga sangat perlu dilakukan seperti menu makanan yang banyak mengandung kalium, magnesium dan kalsium.