Cara Mudah Merawat Mobil Pribadi

Cara Mudah Merawat Mobil PribadiDalam perawatan mobil pribadi harus dilakukan secara berkala, karena melakukan perawatan secara berkala dapat menjaga kondisi kendaraan Anda tetap prima dan memperpanjang masa pakai mobil Anda.

Salah satu penyebab kecelakaan di jalan adalah diakibatkan kendaraan yang tidak terawat. Untuk menghindari hal itu lakukan perawatan secara rutin terutama saat Anda melakukan perjalanan yang jauh, pastikan kondisi mobil Anda tetap prima dan siap melakukan perjalanan. Lakukan pengecekan pada bagian-bagian terpenting mobil seperti kondisi mesin, lampu, dan ban.

Berikut ini beberapa cara perawatan dasar untuk menjaga kondisi mesin mobil Anda selalu dalam keadaan baik.

Mengecek Starter Pada Mobil

Saat mobil Anda sulit untuk di-starter periksa sistem karburator biasanya saringan karburator Anda kotor. Cabut filternya kemudian bersihkan dengan kuas, jangan gunakan hair-dryer karena dapat merusak dinding saringan udara Anda.

Oli Mesin Mobil

Mengganti oli dan filter oli mobil Anda setiap 5000 mil. Karena jika Anda tidak mengganti oli secara rutin, mesin mobil Anda akan mengeluarkan suara-suara aneh.

Periksa Keadaan Radiator

BACA:  Tips Sederhana Merawat Kesehatan Mata

Radiator mobil berfungsi sebagai pengatur suhu mesin, lakukan penggantian air radiator secara rutin, sehingga kinerja radiator mobil tetap baik.

Periksa Timing Belt

Timing belt berfungsi menggerakkan gear cam shaft. Ketika timing belt mengalami kerusakan akan menimbulkan suara-suara dengungan saat mesin dinyalakan dan membuat komponen mesin lainnya rusak.

Lakukan Tune Up Secara Rutin

Tune Up adalah perawatan secara rutin di bengkel resmi tanpa menganti komponen mesin, agar mesin mobil Anda tetap awet.