Cara Penggunaan Internet Yang Sehat Pada Anak

Cara Penggunaan Internet Yang Sehat Pada AnakBelakangan ini banyaknya terjadi berita kehilangan seorang anak remaja yang berkenalan melalui jejaringan sosial yang menggunakan internet, penipuan dan berita negatif lainnya. Jejaringan sosial atau lebih dikenal luasnya facebook atau twitter yang memberikan dampak positif atau negatif pada kita tergantung cara kita menggunakannya.

Maka dari itu akan sangat berbahaya jika anak anda tidak meminimalis dampak negatif dan memaksimalkan positif dari internet. Dan untuk para orang tua sudah menjadi tugas dan kewajibannya untuk memberikan pengertian dan pengarahan terhadap dampak dari internet sejak di usia dini mungkin, tentunya membutuhkan proses yang sangat lama dan tidak mudah. Namun anda dapat mencobanya dengan cara penggunaan internet yang sehat pada anak:

1. Perhatikan anak anda saat menggunakan internet, apa tujuannya dan berapa lama waktu yang digunakan anak anda, misalnya anak anda bisa membuat jadwal kapan dia bisa menggunakan internet atau anda para orang tua bisa menemani dan membimbing mereka. Selain itu juga anda para orang tua bisa menjelaskan tentang dampak dari penggunaan internet. Maka dari itu latihlah kedisiplinan anak anda tentang penggunaan internet sejak dini.

BACA:  Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Laptop

2. Dampingilah anak anda sesering mungkin saat sedang menggunakan internet, ketika anak anda sedang bertanya dan penasaran, anda sebagai orang tua tidak perlu segan-segan menjawab pertanyaan mereka. Karena jika anda tidak menjawab pertanyaan dari anak anda, mereka akan mencari jawaban benar salahnya di luar sana.

3. Jika anda para orang tua tidak bisa menemani anak anda saat mereka menggunakan internet karena alasan sibuk, anda bisa memasang program” parentel control” pada komputer agar bisa mencegah dan mengontrol anak anda membuka situs yang tidak seharusnya mereka lihat. Serta tempatkan komputer dari jangkauan dan pengawasan anda.

4. Sebisa mungkin anda ikut sertalah dalam penggunaan internet bersama anak anda, agar dapat mengenali pergaulan mereka. Namun yang paling penting dampingilah anak anda untuk menggenal lebih dekat dari internet, dengan mengajarkan mereka tentang pendidikan internet diharapkan dapat memaksimalkan fungsi internet secara tepat dan positif kepada anak anda.