Cara Tepat Menghadapi Sahabat yang Suka Ngutang

Cara Tepat Menghadapi Sahabat yang Suka NgutangSebagai sahabat yang baik pastinya mau tidak mau kamu akan menolong sahabat yang mengalami kesusahan, misalnya meminjamkan uang. Tapi biasanya, kebaikan kita sendiri dimanfaatkan oleh sahabat kita sendiri hanya untuk meminta lebih dari kita.

Ketika sahabat kita ingin meminjam uang, pastinya kamu tidak akan menolak karena alasan persahabatan. Namun, terkadang kamu akan merasa marah dan kesal karena uang yang dia pinjam belum juga dikembalikan. Padahal saat ini kamu sangat membutuhkan uang tersebut.

Punya sahabat yang suka pinjam uang itu tidak mengasyikkan, apalagi jika dia lupa mengembalikan pinjaman tersebut. Keuangan kamu bisa habis karena sahabat kamu terus-terusan meminjamnya dan belum juga dikembalikan. Lalu, bagaimana cara kamu menghadapinya. Berikut ini tipsdancara akan berbagai tips tentang cara tepat menghadapi sahabat yang suka ngutang.

Belum Gajian
Saat sahabat kamu ingin meminjam uang, sebaik kamu menolaknya dengan alasan kamu belum gajian. Dengan begitu, sahabat kamu tentu tidak akan meminjam uang. Namun, cara ini hanya tidak bisa digunakan saat awal bulan.

Ada Keperluan
Jika sahabat kamu ingin meminjam uang, kamu bisa menolaknya dengan alasan ingin digunakan untuk keperluan kuliah. Dengan begitu, uang kamu aman dari sahabat pinjam itu.

Jangan Mudah Percaya
Sahabat yang senang ngutang itu terkadang memberikan alasan-alasan yang tidak jelas agar kamu merasa kasihan, misalnya belum mendapat kiriman dari orang tuanya. Jika kamu ingin meminjamkannya, sebaiknya selidiki terlebih dahulu.

Jangan Bicarakan Soal Uang
Ketika sahabat kamu sedang curhat masalah keuangannya, lebih baik kamu segera menghindarnya. Karena ujung-ujungnya nanti dia ingin pinjam uang. Kamu bisa menghindarinya dengan alasan menemani pamanmu keluar atau banyak tugas kuliah.

Bersikap Tegas
Sahabat kamu belum mengembalikan uang pinjaman bulan lalu, lalu dia ingin minjam lagi. Maka kamu harus bisa bersikap tegas. Bilang padanya kalau kamu tidak akan meminjamkannya lagi jika belum mengembalikan pinjaman bulan lalu.