Tips Agar Puasa Anda Tetap Maksimal dan Sehat

Tips Agar Puasa Anda Tetap Maksimal dan SehatSalah satu amalan wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam di bulan ramadhan adalah berpuasa dan ramadhan merupakan bulan di mana setiap muslim belajar untuk mengendalikan diri. Makna yang lebih luas dari sekedar menahan diri dari makan dan minum. Meskipun hampir 14 jam tidak makan dan minum ternyata berpuasa berdampak positif bagi kesehatan tubuh kita dan berikut ini beberapa tips agar puasa anda tetap maksimal dan sehat.

1. Mengingat berjam-jam berpuasa, Utamakan konsumsi karbohidrat kompleks saat makan besar seperti roti gandum utuh, nasi beras merah, kacang-kacangan, dan susu karena dicerna lebih perlahan sehingga memberi energi lebih lama saat puasa sehingga bisa mengurangi lapar pada siang hari. Dan kurangi makanan cepat saji dan gorengan.

2. Makanan/minuman manis dalam jumlah secukupnya seperti 2-3 butir kurma dapat dilakukan pada awal berbuka puasa, tujuannya adalah untuk mengembalikan cadangan karbohidrat dengan cepat.

3. Konsumsi air dan jus antara berbuka dan tidur untuk menghindari dehidrasi dan untuk detoksifikasi sistem pencernaan saat berpuasa. Hindari asupan kafein dalam jumlah besar terutama saat sahur.

4. Jika memungkinkan, tidurlah di awal siang untuk mengumpulkan energi. Hindari sinar matahari dan panas yang menimbulkan dehidrasi.

BACA:  Cara Alami Dan Mudah Mengobati Gusi Bengkak

5. Selama puasa tetaplah melakukan olahraga secara teratur, tetapi disarankan lakukan dengan intensitas ringan karena selain membantu menjaga berat badan, olahraga juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh anda.