Tips Agar Tidak Jadi Orang Pelupa

Tips Agar Tidak Jadi Orang PelupaPerlu kamu ketahui bahwa kemampuan otak untuk mengingat sesuatu hal akan terus berkurang seiring berjalannya usia. Tidak heran, kebanyakan orang dewasa sering lupa terhadap sesuatu. Apakah kamu juga sering menjadi seorang yang pelupa?

Hipokampus, pada bagian otak yang berfungsi untuk mengingat yang setiap 10 tahun akan kehilangan sel sarafnya. Maksudnya setiap 10 tahun, kemampuan otak kamu untuk mengingat akan ikut berkurang.

Walaupun demikian, kamu jangan khawatir karena para pakar mengatakan bahwa kemampuan otak pada orang dewasa bisa di tingkatkan kemampuannya. Langsung saja kamu simak berikut ini tips agar tidak jadi orang pelupa.

Pilih Makanan Yang Tepat

Makanan seperti buah dan sayur yang mengandung antioksidan sangat baik untuk kesehatan otak. Buah dan sayur ini bisa mencegah kerusakan otak dari radikal bebas. Selain itu, kamu juga perlu mengkonsumsi oatmeal, gandum utuh, dan makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

Permainan Otak

Permainan yang mengasa otak seperti sudoku, puzzles, dan teka teki silang bisa menambah kemampuan otak untuk mengingat. Karena permainan ini akan merangsang jaringan ke semua area otak. Selain itu bisa juga menghambat penurunan kemampuan otak.

Tidur Yang Cukup

Pakar kesehatan menyarankan untuk tidur 8 jam atau dalam sehari. Karena tidur yang hanya 4 sampai 5 jam dalam sehari bisa menurungkan kemampuan otak untuk mengingat. Maka dari itu, kurangi kebiasan kamu untuk begadang.

Rajin Olahraga

Rajin olahraga setiap hari berarti kamu meningkatkan senyawa norepinefrin dalam otak yang berfungsi dalam pembentukan memori atau ingatan. Agar kemampuan mengingat kamu tetap baik, kamu harus olahraga secara rutin.

Fokus Dalam Satu Hal

Dalam melakukan sesuatu hal cobalah kamu melakukannya secara bertahap, satu per satu. Kemudian hindari memaksakan otakmu untuk bekerja secara keras, karena hanya akan membuat kemampuan kamu otak menjadi menurun.