Tips Aman untuk Perawatan Bayi yang Baru Lahir

baby after bath #11Merawat bayi yang baru lahir adalah kebahagian tersendiri bagi seorang ibu, peran baru sebagai seorang ibu yang di rasakan adalah kegembiraan dan terkadang juga menimbulkan rasa kekhawatiran. Tetapi selama anda mengikuti apa yang dikatakan atau petunjuk dari dokter, maka anda tidak perlu merasa cemas. Karena yang perlu di ingat saat merawat bayi adalah cermat dan tidak mudah panik.

1. Peran baru sebagai seorang ibu adalah memberi ASI kepada buah hati, karena ASI ibu mengandung karotenoid dan selenium yang bermanfaat mencegah segala penyakit sekaligus antibody yang sangat efektif untuk bayi.

2. Memandikan bayi pada saat pagi dan sore adalah kegiatan yang penting dan dilakukan secara hati-hati bagi seorang ibu, selain bertujuan untuk membersihkan badan bayi. Memandikan bayi diperlukan memerlukan ketelitian agar tidak melukai bayi mengingat kondisi bayi yang masih sangat lemah.

3. Penggunaan popok pada bayi yang aman digunakan adalah popok berbahan kain katun lembut agar mengurangi iritasi kulit. Untuk penggunaan popok sekali pakai bisa digunakan pada saat bepergian saja karena mengingat negara kita adalah negara tropis dan lembab yang berpotensi mengiritasi kulit pada bayi anda.

4. Saat menggendong bayi lakukan dengan hati-hati mengingat kondisi bayi masih sangat rapuh, leher dan ototnya belum kuat. Jadi gunakan kedua tangan anda terlebih dahulu sehingga dapat menopang kepala dan lehernya, anda harus berhati-hati sehingga membuatnya merasa nyaman dan tidak menyakitinya.