Tips Bugar Saat Masa Kehamilan

Tips Bugar Saat Masa KehamilanSangat menyenangkan apabila tubuh tetap sehat dan fit selama masa kehamilan dapat berjalan dengan lancar. Memiliki tubuh yang fit akan membantu Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari, selain itu juga dapat menjaga kesehatan janin Anda selama masa kehamilan.

Bagi Anda calon ibu disarankan melakukan aktivitas seperti biasa, tetapi jangan berlebihan untuk mengurangi rasa malas dan lemas pada masa kehamilan. Membuat tubuh Anda tetap fit selama kehamilan ada banyak cara yang bisa Anda temukan. Berikut ini tips sederhana yang dapat membantu Anda dalam menjaga kebugaran selama masa kehamilan.

Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Jika Anda dan pasangan mengikuti program kehamilan, alangkah baiknya Anda mengkonsumsi asam folat sampai Anda selesai melahirkan. Asam folat bermanfaat untuk mencegah janin Anda cacat dalam kandungan. Menurut penelitian, meskipun 70% wanita mengetahui manfaat dari asam folat, akan tetapi hanya 30% yang dapat mengkonsumsi asam folat dengan maksimal.

Setelah melahirkan konsumsi suplemen juga sangat penting untuk membantu Anda dan sang bayi memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral (kalsium dan zat besi). Konsumsi suplemen yang mengandung DHA dan asam folat pada catur wulan ke-tiga sampai setelah melahirkan untuk meningkatkan kecerdasan otak janin.

BACA:  Tips Sehat Dan Menyenangkan Saat Liburan

Tetap Berolahraga

Selama masa kehamilan Anda tetap wajib melakukan olahraga. Bagi Anda yang jarang berolahraga disarankan untuk tidak berolahraga dengan intensitas yang lama saat hamil, terlebih jika Anda tidak berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ada beberapa olahraga ringan seperti berjalan kaki keliling kompleks yang tidak beresiko bagi Ibu dan bayi.

Berikut ini beberapa olahraga yang bisa Anda coba Namun semua itu sangat tergantung pada kemampuan fisik (kebugaran) serta kebiasaan setiap orang.

– Pilates atau yoga: olahraga jenis ini di lakukan dengan peregangan dan pola pernafasan yang santai cukup aman selama kehamilan.

– Jogging ringan dan jalan santai

– Senam hamil atau aquanatal dirancang khusus untuk ibu hamil dan senam ini mirip dengan aquarobik.

Pastikan suhu tubuh Anda tidak terlalu panas saat latihan, di khawatirkan jika badan Anda panas otomatis bayi Anda juga panas. Untuk menurunkan resiko kelahiran prematur lakukan olahraga pada trimester pertama.

Tidur Cukup

Selama kehamilan usahakan tidur Anda tercukupi. Bekerja lebih keras untuk kehidupan yang baru saat hamil, akan membuat Anda merasa lebih lelah dibanding hari-hari biasanya. Semakin besar kandungan Anda semakin sulit pula Anda menentukan posisi tidur yang nyaman.