Tips Efektif Agar Mobil Selalu Tampil Awet

Tips Efektif Agar Mobil Selalu Tampil AwetSeringkali kita mengabaikan atau melupakan perawatan mobil secara rutin agar kondisinya tetap prima dan stabil. Mungkin memang ini hal yang sepele, akan tetapi bila tidak dilakukan bisa menimbulkan masalah yang lebih besar dan membutuhkan biaya dengan jumlah yang tidak sedikit.

Usia untuk komponen-komponen mobil memang memiliki masa pakai atau batasan usai dan hal itu dapat diperpanjang dengan perawatan yang mudah dan murah. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan sebelum waktunya.

1. Untuk mobil tipe sekarang anda bisa langsung menjalankan kendaraan anda karena bahan bakar-udaranya sudah merata. Akan tetapi jangan langsung tancap gas karena akan mengakibatkan komponen-komponen mesin cepat aus atau rusak. Ketika mematikan mesin kendaraan, jangan lupa matikan sistem audio kendaraan, karena masih menyimpan arus listrik sehingga terjadi kerusakan pada sistem audio ketika mesin mobil kembali dinyalakan.

2. Disaat mobil anda melintasi jalan yang tidak rata suspensi mobil akan terkompres. Sehingga pengemudi masih tetap merasa nyaman saat kondisi masih normal. Akan tetapi ketika melintasi jalan yang tidak rata anda tidak menggurangi kecepatan kendaraan anda, akan menimbulkan tekanan yang sangat besar dan dapat mempenggaruhi sistem suspensi cepat aus.

3. Aki adalah komponen paling penting pada kendaraan yang menciptakan listrik, sumber energi untuk keseluruhan sistem mobil. Jadi pastikan terminal aki harus benar-benar bersih dan tersambung rapat, karena aki 12 volt yang bekerja dengan baik akan menghasilkan energi 13,5 volt. Dan ketika aki bekerja kurang baik akan mempengaruhi kinerja mesin dan kesulitan menstarter mobil.

BACA:  Cara untuk Membersihkan ABS Honda Stream

4.Di bagian ini harus anda waspadai karena lubang pada kap mesin di dekat kaca depan sering tersumbat diakibatkan kotoran yang tersumbat, maka pastikan bersih agar air tidak tergenang dan menimbulkan karat pada kap mobil.