Tips Mempercepat Performa Laptop

Tips Mempercepat Performa Laptop
Tips Mempercepat Performa Laptop

TIPSDANCARA.NET – Seiring pemakaian laptop terkadang mempunyai kinerja yang menurun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kinerja laptop bermasalah, faktor utamanya adalah banyaknya file yang tersimpan.

Laptop yang lambat pasti sangat menjengkelkan karena Anda tidak akan dapat menggunakannya dengan maksimal. Jika Anda mengalami masalah yang sama seperti di atas, sebaiknya Anda segera lakukan hal berikut ini.

Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini tips mempercepat performa laptop:

Atur Desktop

Pastikan tampilan desktop Anda rapi. Pada umumnya, akan banyak sekali file dalam bentuk shortcut yang mengarah langsung ke file Anda. Hal inilah yang menyebabkan kinerja laptop Anda menjadi lambat. Untuk itu, simpan file tersebut ke dalam satu folder agar Anda lebih mudah untuk mengaksesnya.

Pakai Hard disk Eksternal

Sebaiknya Anda gunakan hardisk eksternal, agar kapasitas laptop Anda tidak terlalu berat. Bahkan harddisk eksternal bisa menyimpan file Anda dengan aman.

Cek Media

Perhatikan file yang tersimpan dalam laptop Anda seperti musik, film, atau gambar. Pilih file yang benar-benar Anda ingin simpan di laptop dan yang mana harus dihapus. Perlu Anda ketahui bahwa, semakin banyak file yang disimpan maka kinerja laptop akan semakin menurun.

BACA:  Cara Mendapatkan PIN BBM di Android dan iPhone

Defrag Hard disk

Anda juga bisa membersihkan harddisk laptop dengan cara mendefrag harddisk laptop. Caranya tidak sulit. Bagi pengguna Windows 7, silahkan menuju ke All Programs > Accessories > System Tools kemudian Anda akan menemukan menu defrag di dalamnya.