Tips Mencegah Anak Anda dalam Berperilaku Seks Bebas

Tips Mencegah Anak Anda dalam Berperilaku Seks BebasMaraknya permasalahan perilaku seks bebas pada remaja merupakan persoalan yang sangat serius saat ini.

Membuat anda para orangtua harus mencegah anak sedini mungkin. Jika permasalahan remaja yang ada di negeri ini tidak dikurangi dan diselesaikan dengan cepat maka dapat menyebabkan hancurnya tatanan bangsa di masa depan.

Salah satu faktor terbesar yang menjerumuskan anak remaja melakukan hubungan seks di luar nikah diantaranya adalah kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua, serta faktor lingkungan yang mendukung ke arah perilaku tersebut serta pengaruh dari media massa. Seks bebas adalah perilaku seks di luar hubungan pernikahan.

Untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk mendampingi anaknya dalam berperilaku baik agar terhindar dari perilaku seks bebas. Dan berikut ini beberapa saran yang bisa anda lakukan untuk mencegah anak anda dalam berperilaku seks bebas.

1. Kasih sayang dan perhatian orang tua
Kurangnya kasih sayang dan perhatian orang tua adalah salah satu faktor yang menyebabkan remaja terjerumus ke dalam perilaku seks bebas. Maka ajarkan anak tentang agama dan lebih penting pengetahuan seksual ketika anak telah puber/balig. Pengetahuan seksual harusnya diajarkan secara dini tapi lebih baik ajarkan saat mereka sudah pubertas, mengajarkan mereka saat seksualitas mereka sudah matang lebih memungkinkan untuk anak lebih mengerti akibat jika melakukan pergaulan bebas. Tanpa adanya bimbingan maka Remaja dapat melakukan perilaku yang menyimpang. Untuk itu, diperlukan adanya keterbukaan antara orang tua dan anak.

2. Pengawasan intensif terhadap media komunikasi
Pengawasan yang perlu dan intensif terhadap media komunikasi dan mereka selalu mempunyai keinginan untuk mengetahui, mencoba dan mencontoh segala hal jadi pantaulah pergaulan anak, memantau bukan berarti mengekak pergaulan mereka. sarankan anak untuk bergaul dengan teman yang bisa membuat mereka berprestasi dan mengarahkan mereka menjadi anak yang baik.

BACA:  Cara Menghadapi Cowok Sensitif

3. Kegiatan Positif Remaja Sepulang Sekolah
Kesibukan di luar sekolah seperti olahraga dapat membuat perhatian mereka tertuju kearah kegiatan tersebut dan dukunglah anak anda untuk mengembangkan hobi mereka, anak yang mempunyai hobi biasanya mempunyai pemikiran luas dan cita-cita tinggi. Sehingga, memperkecil kemungkinan bagi mereka untuk melakukan penyimpangan seks bebas.