Tips Mendidik Anak Untuk Disiplin

Tips Mendidik Anak Untuk DisiplinBagi orang tua mendidik anak agar disiplin sangatlah penting dilakukan. Dengan mendidik anaknya untuk disiplin, hal ini berarti mempersiapkan anaknya untuk terjun ke dunia luas yang cukup keras. Jika anak dibiasakan manjak atau sering berleha-leha, suatu saat dia akan mengalami shock saat rjun ke dunia luas yang cukup keras.

Berikut ini tipsdancara akan memberikan tips-tips mengenai tips membuat anak Anda disiplin dan mengatasi saat mereka melawan.

Memberi Hadiah Setelah Dia Melakukan Sesuatu Yang Baik

Loading...

Jika anak Anda tiba-tiba merapikan kamarnya sendiri atau membersihkan halaman rumah, cobalah untuk memberikan pujian. Misalnya “Wah, sekarang kamar tidurnya lebih bagus sayang, terima kasih”. Hal ini akan membuat anak Anda merasa dihargai dan kemungkinan besar dia akan mengulanginya lagi kegiatan tersebut. Memberikan pujian untuk hal yang positif yang dia lakukan lebih efektif untuk mendidik anak Anda daripada menghukumnya saat dia melakukan kesalahan.

Buat Aturan Yang Jelas

Memberikan aturan yang jelas, Anda bisa memberikan peringatan langsung kepada anak Anda jika dia melakukan kesalahan. Berbeda halnya jika Anda tidak membuat sebuah peraturan, karena anak Anda tidak akan mengetahui mengenai hal tersebut dan Anda pun juga tidak memiliki wewenang untuk menyalahkan dan membuatnya disiplin.

Menghindari Perdebatan

BACA:  Tips Liburan Nyaman Bersama Keluarga

Jika anak Anda ingin membela dirinya saat Anda menyalahkannya, sebaiknya buatlah jawaban yang tidak membuat mereka terpojok. Selain itu, bertindaklah dengan mempertimbangkan yang dia rasakan. Misalnya ia berteriak “ini tidak adil!”, sebaiknya Anda jawab “ya, ibu bisa mengerti”. Sehingga Anda sebagai orang tuanya tidak terkesan memojokkannya dan anak Anda pun akan merasa lebih dihargai dan tidak mendebat lagi.

Tenangkan Diri Anda Ketika Emosi

Saat anak Anda ingin melakukan sesuatu kegiatan yang membuat Anda sedikit marah, sebaiknya Anda menenangkan diri dahulu dengan mengatakan “Sepertinya saya tidak setuju. Nanti akan kuberitahu kalau saya sudah pertimbangkan.” Setelah Anda tidak emosi, cobalah ajak anak Anda untuk berbicara dan katakan pendapat Anda serta beritahu anak Anda akibat dari apa yang akan dia lakukan.

Tetap Konsisten Dengan Peraturan Yang Anda Buat

Melihat anak Anda bahagia pastinya membuat Anda bahagia. Tetapi, jangan sampai hal ini membuat peraturan yang telah Anda sepakati berdua mengendur. Jika anak bermain melebihi waktu yang sudah tentukan, jangan ragu untuk membuatnya disiplin. Karena mereka belum bisa mengatur waktu dan Anda sebagai orang tuanya lebih mengetahui tentang hal itu.

BACA:  Cara Meluluhkan Hati Ayah Mertua

Disiplinkan Diri Anda

Untuk membuat Anda disiplin adalah belajar meniru dalam hal yang positif. Orang tua adalah yang paling sering mereka lihat dan amati setiap harinya, itulah biasanya perilaku anak tidak jauh dari prilaku dari orang tuanya. Untuk itu, sebaiknya Anda berikan contoh yang baik.