Tips Mengatasi Kurang Tidur Bagi Remaja

Tips Mengatasi Kurang Tidur Bagi RemajaTidur adalah salah satu bagian terpenting di dalam kehidupan manusia, karena tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristarahat sama seperti halnya kita membutuhkan makan dan bernafas. Beberapa peneliti juga mengungkapkan bahwa tidur berperan penting dalam pertumbuhan, kesehatan fisik, dan psikologis manusia.

Di masa remaja sering kali kita begadang hingga larut malam karena harus mengerjakan tugas dari sekolah atau kuliah, padahal kita sangat membutuhkan waktu istirahat 8 jam setiap malam untuk masa pertumbuhan kita. Masalah yang biasa ditimbulkan dari kurangnya tidur adalah konsentrasi berkurang, bahkan gangguan pada kesehatan.

1. Sebagai remaja sering kali kita mengabaikan pentingnya berolahraga, padahal melakukan olahraga secara rutin selama 60 menit dalam sehari akan menurunkan kadar stress dalam otak dan membuat tubuh kita tetap fit.

2. Seringkali kita melihat remaja bahkan anak-anak sudah mulai merokok atau mengkonsumsi obat-obatan dan tidak mengetahui apa dampak negatifnya. Ketika kita sudah kecanduan maka akan sangat sulit untuk berhenti. Jadi sedini mungkin hindarilah rokok dan obat-obatan karena dapat menganggu kesehatan kita.

BACA:  Cara Alami Mengobati Batuk Kering

3. Para ahli mengatakan bahwa sebagian besar remaja sudah sangat terbiasa dengan bunyi handphone. Jadi ketika mereka tertidur dan mendengar handphone berbunyi, mereka akan langsung terbangun, jadi lupakanlah sementara atau menonaktifkan handphone.

4. Membuat jadwal tidur lebih mudah untuk meraih kunci disiplin, misalnya kita istirahat jam 10 malam dan melakukannya sama setiap hari, itu akan membuat tidur lebih nyenyak serta membuat tubuh menjadi lebih rileks.

5. Yang terakhir berfikirlah positif, lupakan sejenak tugas dari sekolah atau kampus. Jika kita masih memikirkan hal-hal tersebut sebelum tidur, maka yang kita dapatkan hanya susah tidur dan urusannya runyam karena pasti akan mengantuk bahkan tertidur di dalam kelas di pagi harinya.