Tips Mengatasi Rambut Beruban di Usia Muda

Tips Mengatasi Rambut Beruban di Usia MudaPenuaan dini adalah proses yang dialami seseorang lebih cepat dari seharusnya. Salah satu gejalah penuaan adalah timbulnya uban atau rambut putih, Namun beberapa orang mengharapkan uban akan muncul saat usia mereka menginjak usia lanjut. Tetapi kenyataannya rambut beruban sudah banyak dialami orang-orang yang masih muda.
Penuaan dini seperti rambut beruban di sebabkan berbagai faktor, misalnya genetik, shampo, atau penderita kekurangan darah(anemia pernisiosa). Namun sebelum uban itu muncul Anda bisa mencegahnya dengan beberapa tips berikut ini.

1. Mencegah Stres
Hindari stres karena salah satu penyebab munculnya uban dengan cepat. Misalnya tekanan yang dialami saat menerima tugas dari sekolah, oleh karena itu usahakan lebih santai dalam menerima tugas dari sekolah.

2. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala
Ketombe juga salah satu penyebab munculnya uban dengan cepat. Menjaga kebersihan kulit kepala untuk terhindar dari ketombe, jadi gunakan shampo atau perasan jeruk lemon

3. Mengatur Pola Makan
Diet secara berlebihan juga merupakan penyebab timbulnya uban, karena diet berlebihan akan mengurangi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Jadi Anda harus mengatur pola makan yang baik sehingga Anda dapat mencegah timbulnya uban pada rambut.

4. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Akan Zat Besi
Zat besi berperan sebagai memberi zat warna pada rambut karena memproduksi melanin, jadi kekurangan zat besi akan memicu timbulnya uban dengan cepat. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung zat besi seperti seafood.

BACA:  Tips Mencegah Anak Anda dalam Berperilaku Seks Bebas

5. Lakukan Perawatan yang Teratur pada Rambut
Lakukan perawatan rambut secara rutin untuk mencegah timbulnua uban pada rambut. Anda bisa gunakan cara alami seperti labu dan minyak kelapa dicampur lalu usapkan pada rambut, diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan air bersih.