Tips Mengelola Keuangan Bagi Karyawan Yang Kos

Tips Mengelola Keuangan Bagi Karyawan Yang KosJauh dari tempat pekerjaan dengan rumah pastinya mengharuskan karyawan terpaksa kos atau menyewa tempat tinggal yang dekat dengan tempat tempat kerjanya.

Kos-kosan berarti Anda harus mengatur hidup secara mandiri misalnya makan harian, biaya ke kantor, dan biaya lain-lain.

Jika Anda tidak bisa mengelola keuangan ini maka sebelum gajian uang Anda akan habis dan terpaksa harus mencari tambahan untuk bertahan selama sisa waktu sebelum gajian tiba.

Loading...

Agar Anda terhindar dari masalah ini, sebaiknya Anda simak cara-cara yang dilansir dari beberapa sumber.

Buat Anggaran Bulanan
Setuju tidak setuju Anda harus membuat anggaran bulanan agar Anda lebih bisa mengatur pengeluaran Anda.

Walaupun gaji Anda pas-pasan tapi jika Anda membuta anggaran bulanan, pastinya Anda tidak akan mengalami masalah kehabisan gaji di tengah bulan. Selain itu Anda sisihkan gaji untuk biaya tak terduga misalnya kesehatan dan Anda bisa mengutamakan kebutuhan yang hanya menjadi keinginan saja.

Pilih Kos Yang Murah
Hidup di kota besar, ada banyak sekali rumah kos-kosan yang tersedia. Sesuaikan tempat kos dengan gaji bulanan yang Anda dapat. Hindari memilih tempat kos yang terlalu mahal dengan fasilitas yang mewah.

BACA:  Tips Agar Kamu Terlihat Lebih Ganteng

Meskipun murah, tapi pastikan tempat kos tersebut membuat Anda nyaman untuk di tempati dan dekat dengan lokasi pekerjaan Anda untuk menghemat ongkos.

Kendalikan Nafsu Belanja
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan karyawan atau karyawati adalah belanja. Ketika sudah gajian biasanya nafsu berbelanja akan merasuki orang tersebut.

Jangan melakukan kebiasaan ini. Gunakan uang sesuai dengan kebutuhan Anda bukan keinginan. Pastikan anggaran bulanan yang Anda buat bisa bertahan sampai akhir bulan.

Rencanakan Perjalanan Anda Sejak Lama
Jika Anda kos pastinya akan mudik saat hari-hari raya atau hari libur panjang tiba. Jadi untuk mendapatkan harga tiket pesawat, kereta, atau bus yang murah, sebaiknya Anda memesan tiket jauh-jauh hari sebelum hari H.