Jerawatmu Bandel?
Atasi dengan obat jerawat herbal alami. Klik di sini!

Tips Mengelola Keuangan Pribadi dan Keuangan Rumah Tangga

Tips Mengelola Keuangan Pribadi dan Keuangan Rumah TanggaMengatur keuangan memang sangat penting karena bisa saja akan menjadi masalah utama dalam rumah tangga Anda, seperti kebutuhan sandang, pangan, dan sekolah.
Mengatur keuangan pribadi memang tidak terlalu sulit dibandingkan mengatur keuangan rumah tangga. Akan tetapi Anda jangan salah kaprah, meskipun Anda berpenghasilan besar lalu menghabiskan uang tanpa perencanaan pasti Anda akan kekurangan juga.

Pada umumnya orang-orang lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Pastinya Anda juga mengalaminya hal ini. Apalagi saat Anda jalan-jalan ke mall, yang tadinya berencana ingin membeli kebutuhan sehari-hari tapi malah membeli barang-barang lainnya. Membeli barang yang tidak direncanakan boleh-boleh saja, tetapi Anda harus memperhitungkan keuangan karena bisa saja melewati budget Anda.

Untuk membantu mengatasi masalah keuangan biasanya orang-orang menggunakan jasa konsultan keuangan. Menggunakan jasa konsultan keuangan pada umumnya hanya digunakan untuk keuangan yang lebih besar dan bagi Anda yang belum pernah mencoba mengatur keuangan rumah tangga. Kecuali bagi Anda yang sudah mencobanya namun gagal, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan agar lebih baik.

Berikut ini beberapa tips mengelola keuangan pribadi dan keuangan rumah tangga:

Mengetahui Kebutuhan

Dalam mengatur keuangan, Anda wajib mengetahui apa saja kebutuhan pribadi yang harus dipenuhi. Untuk bagi Anda yang sudah berumah tangga, suami dan istri wajib mengetahui apa saja kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi, seperti membayar tagihan listrik, air, kartu kredit, dan biaya-biaya pengeluaran lainnya. Agar tidak terjadi kesalah pahaman dan masalah antara suami dan istri.

Menabung

Usahakan untuk menabung atau menyisihkan uang dari penghasilan Anda. Setelah Anda mendapatkan gaji langsung sisihkan 30% dari penghasilan Anda untuk di tabung. Hindari kebiasaan Anda menabung dengan uang sisa karena Anda akan merasa sulit bahkan jarang untuk menanbung.

Anggaran

Anda harus merencanakan apa yang Anda butuhkan, seperti anggaran ke salon, liburan, dan lain-lainnya. Namun jangan sampai melebihi anggaran yang sudah Anda buat, pengeluaran Anda harus lebih kecil dari penghasilan.

Hindari Hutang

Penyebab utama mempunyai banyak hutang adalah penggunaan kartu kredit. Usahakan agar Anda tidak menggunakan kartu kredit dan biasakan hidup untuk tidak memaksa.

Investasi

Setelah merencanakan kebutuhan Anda, memanfaatkan uang Anda untuk berinvestasi saham, mungkin Anda.