Tips Mengelola Keuangan Untuk Anak Kuliahan

Tips Mengelola Keuangan Untuk Anak KuliahanMahasiswa yang bersekolah jauh dari rumah merupakan cobaan yang sangat berat, karena mereka harus berpisah dari orangtuanya dan harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan.

Salah satu masalah keuangan mahasiswa adalah menunggak bayar kos. Selain itu juga mereka terkadang jarang makan karena yang dimilikinya sudah tidak cukup untuk hidup satu bulan. Apakah Anda mau mengalaminya ?

Jika tidak, Anda tidak perlu khawatir karena masalah tersebut tidak akan terjadi jika Anda bisa mengatur keuangan dengan baik. Maka dari itu, cobalah ikuti beberapa tips mengelola keuangan untuk anak kuliahan.

Bedakan Kebutuhan
Seperti yang Anda ketahui bahwa kebutuhan bagi mahasiswa ada 2 yaitu primer dan sekunder. Kebutuhan primer itu misalnya buku, pulpen, tas, dan lain sebagainya. Sedangkan kebutuhan sekunder misalnya motor, hp, laptop, dan lain sebagainya. Jika Anda memperkirakan uang sudah menipis, maka prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan primer dahulu.

Dilarang Gengsi
Sebaiknya pilih rumah kos yang sesuai dengan isi domper Anda dan yang terpenting rumah kos tersebut bisa membuat Anda nyaman meskipun murah. Selain itu jangan gengsi sewaktu makan di warteg selama makanan tersebut yang dijual itu sehat.

Keinginan Dan Kebutuhan
Anda harus pintar memahami tentang mana keinginan dan kebutuhan. Prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan Anda terlebih dahulu dibandingkan dengan keinginan. Jika Anda masih merasa belum diperlukan, sebaiknya jangan dibeli.

BACA:  Tips Cantik Ketika Foto Selfie

Kerja Part Time
Jika uang kuliah tidak cukup dari orang tua, Anda bisa bekerja part time. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan uang tambahan yang bisa memenuhi kekurangan tadi sehingga Anda bisa gunakan untuk kebutuhan kuliah.

Pilih Pergaulan
Disarankan untuk mencari teman yang bisa hidup mandiri, jangan mencari teman yang suka berpesta. Karena pada umumnya kebiasaan teman bisa mempengaruhi kebiasaan Anda juga.