Tips Menyusui Saat Puasa Ramadhan

Tips Menyusui Saat Puasa Ramadhan
Tips Menyusui Saat Puasa Ramadhan

TIPSDANCARA.NET – Islam itu agama yang mudah dan memberikan keringanan bagi kita dalam menjalankan ibadah, salah satunya adalah puasa. Keringanan tersebut diberikan oleh ibu yang sedang menyusui atau hamil. Kondisi tubuh setiap ibu menyusui dan hamil tidak sama. Ada sebagian ibu yang merasa tetap fit dan sehat sehingga dapat menjalani puasa. Dan sebagiannya lagi merasa kondisi tubuhnya lemah sehingga tidak memungkinkan untuk puasa.

Memang penting bagi ibu menyusui dan hamil untuk menjaga kesehatannya. Maka dari itu, langsung saja Anda simak berikut ini tips menyusui saat puasa ramadhan.

Asupan Gizi Seimbang

Ibu yang sedang menyusui harus memenuhi 2200-2600 kalori per hari. Tujuannya agar si bayi tetap mendapatkan ASI yang berkualitas. Maka dari itu, penting ibu menyusui untuk tetap makan 3x sehari. Pertama makan sahur, berbuka puasa, dan makan malam sebelum tidur. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung nutrisi.

Banyak Minum Air

Agar si ibu tidak dehidrasi, sebaiknya perbanyak minum air putih, paling tidak dua liter saat berbuka sampai sahur. Selain itu, minuman sehat juga harus Anda konsumsi seperti jus buah, susu, atau air madu. Tujuannya untuk merangsang kelancaran produksi ASI.

BACA:  Cara Alami Detoksifikasi Tubuh

Konsumsi Madu dan Kurma

Madu murni dipercaya mampu merangsang produksi ASI dan antibodi dalam jumlah yang banyak. Tujuannya agar kekebalan tubuh bayi meningkat dan terhindar dari penyakit. Kandungan zat besi dan kalsium pada buah kurma bermanfaat untuk pembentuk ASI. Maka dari itu, konsumsi madu dan kurma saat berbuka puasa.

Istirahat

Jika tubuh terasa lemas saat berpuasa, sebaiknya istirahat. Dengan begitu, tubuh akan kembali berenergi dan rileks. Namun, si ibu tetap harus menyusui agar si buah hati tetap terjaga kesehatannya.