Tips Sederhana Merawat Kesehatan Mata

Tips Sederhana Merawat Kesehatan MataMata adalah organ terpenting dalam tubuh manusia, dengan memiliki mata yang sehat kita dapat melihat keindahan-keindahan di dunia. Dalam hal ini kita harus memastikan mata kita tetap sehat seiring berjalannya usia. Dan berikut ini tips sederhana merawat kesehatan mata anda.

1. Ketika masih kecil sering kita mendengar pesan dari orang tua pada saat menonton TV jangan terlalu dekat, karena dapat merusak kesehatan mata. Jadi menonton TV usahakan jaraknya 2 meter untuk ukuran 14 inchi, dan otomatis untuk ukuran yang lebih besar jaraknya lebih jauh.

2. Bekerja atau bermain game di komputer dengan waktu yang cukup lama, biasakan memberikan waktu jeda istirahat pada mata anda. Contohnya pada saat beraktivitas di depan layar komputer dalam waktu 30 menit, usahakan beristirahat dengan mengalihkan pandangan anda yang jauh selama 5 menit. Agar otot-otot mata anda kembali rileks dan tidak selalu dalam keadaan tegang, karena mengingat jarak pandang yang begitu dekat.

3. Pada saat membaca buku, jarak pandang yang paling aman adalah 30 cm, membaca buku juga tidak boleh di lakukan saat tiduran karena biasanya cahaya terhalang oleh buku sehingga membuat mata akan bekerja lebih keras. Mata yang kurang mendapat pencahayaan pada saat membaca dapat mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang.

4. Bagi anda yang terlalu sering beraktifitas atau berprofesi di jalan raya, usahakan memakai pelindung mata untuk menghindari debu masuk ke mata. Debu yang masuk ke mata dalam jangka yang lama dapat membuat mata menjadi katarak dan infeksi.

BACA:  Tips Untuk Merawat Rambut Berminyak

5. Mata membutuhkan asupan gizi, biasakan konsumsi makanan yang berserat dan bervitamin A. Makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah buah-buahan seperti wortel, alpukat, tomat, papaya. Yang dapat menjaga kondisi mata tetap sehat.