Tips Untuk Merawat Rantai Motor Agar Tetap Awet

Tips Untuk Merawat Rantai Motor Agar Tetap AwetSaat ini sejumlah wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Kendaraan bermotor pastinya banyak menemui masalah saat jalanan di genangan air. Misalnya mesin mogok, membuat rantai motor menjadi kotor, dan lain sebagainya.

Jika rantai motor Anda kotor pastinya akan berkarat. Jika sudah demikian, rantai motor akan semakin rentang putus saat digunakan. Selain itu, rantai akan mengeluarkan bunyi berisik karena kotoran masih banyak menempel di rantai.

Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan selalu memperhatikan kebersihan rantai motor Anda. Berikut tips untuk merawat rantai motor agar tetap awet yang telah dilansir dari beberapa sumber.

Atur Kekencangan Rantai
Mengatur kekencangan rantai motor sesuai yang ditetapkan dari pabrik untuk mencegah rantai terlepas dari gir. Selain itu, bertujuan untuk menghindari bunyi berisik pada rantai.

Bersihkan Rantai Secara Rutin
Untuk menjaga keawetan rantai motor, dianjurkan untuk membersihkan rantai setiap 1.000 km. Bersihkan rantai dan gir motor Anda dari kotoran yang menempel diselah-selah rantai. Pembersihan ini dilakukan agar rantai bisa tahan lebih lama dan terlihat seperti baru.

Pilih Pelumas Yang Tepat
Jangan menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai motor. Perlu Anda ketahui bahwa oli bekas itu sudah kotor karena bercampur dengan sisa gesekan pada mesin. Disarankan menggunakan oli khusus atau pelumas untuk rantai agar rantai tetap awet.

Ganti Gir
Jika Anda melihat gir sudah aus, langsung segera ganti. Gir yang aus bisa menimbulkan bunyi berisik, dan mudah terlepas dari gir.