Tips Hidup Normal dengan Diabetes Melitus

Diabetes Melitus adalah penyakit yang ditandai dengan kandungan gula darah yang tinggi. Ini disebabkan oleh adanya gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin / keduanya.

 

Tubuh si penderita kurang mampu memproduksi atau tidak bisa merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas. Sehingga kadar gula darah meningkat. Akan menyebabkan munculnya komplikasi jangka pendek / jangka panjang terhadap si penderita.

Penyakit Diabetes Melitus menyebabkan seseorang merasa dibatasi. Sebab mereka wajib waspada dengan apa saja yang dikonsumsi agar kadar gula dalam darah tetap terkontrol.

Tentu saja kondisi seperti ini bisa menjadi sangat sulit. Apalagi akan muncul banyak sekali godaan seperti hidangan santapan lezat dan manis yang menjadi pantangan.

Beberapa diantaranya adalah mie, pasta, nasi, roti putih, kentang, gorengan, kafein, dan minuman bersoda.  

Gaya hidup sehat merupakan kunci utama dalam menjaga kadar gula darah menjadi seimbang dan terkontrol terhadap penderita Diabetes mellitus.

Contohnya adalah berolah raga rutin dan memperhatikan pola makan teratur serta tepat. Cara ini telah berhasil menjadikan banyak penderita bertahan untuk menjalani kehidupan yang ehat dan normal. Bahkan ada yang tanpa tergantung dengan obat – obatan.

BACA:  Cara Mudah Melakukan Diet

Yang terpenting untuk diperhatikan adalah tetap fokus pada kadar gula darah yang terkontrol. Jalankan diet khusus yang mengacu kepada pilihan makanan tepat.

Untuk memudahkan langkah yang dimaksudkan maka ada beberapa tips kesehatan hidup normal dengan Diabetes Melitus bisa anda ikuti tersebut di bawah ini:

1. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi dan kaya akan kandungan karbohidrat kompleks. Yang mana sistem pencernaan anda akan menjadi lebih mudah mengurai sehingga membantu menjaga kadar glukosa. Anda bisa mengkonsumsi nasi merah, gandum, sereal, sayuran dan buah – buahan.

2. Cermat dalam memilih makanan yang manis – manis, secukupnya saja dan tidak berlebihan. Kurangi porsi makanan yang mengandung karbohidrat saat anda akan makan sesuatu yang manis setelahnya.

3. Cermat dan bijak dalam memilih makanan berlemak. Pilih lemak tak jenuh yang dapat diperoleh dari tumbuhan dan ikan.

4/Bijak dalam menjalani pola makan teratur dan buat catatan harian. Aturan yang dianjurkan adalah termasuk dalam upaya menurunkan berat badan terhadap penderita penyakit gula yaitu 3 kali makan utama dan 2 kali makan ringan dalam sehari. Atur porsi secukupnya serta buat catatan harian yang bertujuan untuk merekap asupan makanan yang dimaksudkan dan membantu proses evaluasi pada diet yang dijalankan.

BACA:  Cara Cepat Mendapatkan Perut Rata

Menjadikan momok bagi semua orang dengan adanya resiko komplikasi terhadap fungsi organ setelah divonis menderita penyakit gula.

Akan tetapi, kemungkinan hal ini bisa dihindari atau diperkecil dengan memperhatikan pola hidup sehat termasuk olah raga dan diet yang pas untuk penderita Diabetes Melitus.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang tips cara hidup normal dengan Diabetes Melitus. Perhatikan beberapa tips tersebut di atas. Semoga bermanfaat.

 
 

10+ Topik Terbaru

surat untuk cowok yang cuek, cara meninggikan jok mobil avanza, cara melelehkan karet ban, tuas kap mesin escudo, cara melicinkan jok, cara mencairkan lem kaca yang kering, cara mewarnai frame kacamata, cara mencairkan karet gelang, bulu alis panjang satu, cara mengecilkan sandal, cara menghilangkan jamur pada pinang, cara membuka kap mesin apv, cara buka kap mesin crv 2008, cara melicinkan jok motor, doa agar orang melupakan kesalahan kita