Cara Cepat Lacak Foto Pribadi yang Tersebar Didunia Maya

Loading...

Cara Cepat Lacak Foto Pribadi yang Tersebar Didunia MayaDi zaman modern ini tentunya Anda dengan mudah bertukar foto dengan teman atau keluarga Anda. Anda tidak perlu susah-susah mencetak foto lalu mengirimnya melalui pos, Anda hanya mengunggah foto Anda di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lainnya sebagai media penyimpanan foto di dunia maya.

Sayangnya ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan mudah mengambil foto Anda kemudian menggunakannya di tempat lain tanpa seizin Anda. Itu disebabkan jaringan internet yang begitu luas, pastinya Anda merasa kesulitan untuk mencari foto-foto Anda yang disebarkan orang lain di dunia maya. Namun Anda jangan khawatir karena sebenarnya ada cara yang mampu mendeteksi secara cepat.

Cara Cepat Lacak Foto Pribadi yang Tersebar Didunia Maya:

1. Langkah pertama cari foto Anda secara terbalik menggunakan Tineye, kemudian paste-kan foto yang Anda ingin cari, lalu klik Search. Bila ditemukan, langsung Anda klik hasil pencarian yang sama, saat itu juga Anda klik Switch untuk melihat perbandingan yang ingin Anda cari dengan hasil pencarian. Tineye akan memperlihatkan alamat URL di samping setiap thumbnail dari daftar hasil pencarian.

2. Langkah selanjutnya, Anda menggunakan proses yang sama dengan fasilitas pencarian gambar dari Google. Kemudian Anda membuka Google Images lalu klik ikon kamera yang terdapat pada kolom pencarian. Unggah URL foto yang ingin Anda cari selanjutnya klik Search. Hasil pencarian nantinya akan dibedakan menjadi dua bagian yaitu identical dan visually similar match. Untuk memeriksanya Anda lihat satu persatu.

3. Setelah itu Anda gunakan Image Rights. ImageRights adalah suatu perusahaan yang bekerja untuk mencari dan melacak penggunaan gambar tanpa izin dari pemilik gambar tersebut serta menuntut kompensasi dari situs tersebut karena sudah melanggar hak cipta Anda. Untuk biaya layanan ini bervariasi tergantung jenis layanan yang Anda gunakan.

4. Langkah terakhir, Anda periksa halaman statistik penyedia layanan hosting yang Anda gunakan. Perhatikan apakah ada situs yang telah mengambil foto Anda dalam jumlah yang banyak, ini merupakan salah satu petunjuk bahwa situs tersebut akan menampilkan gambar dari server Anda ke situs mereka.

5. Meskipun tidak sepenuhnya Anda dapat mencegah orang lain untuk mengambil foto Anda yang sudah Anda unggah, tetapi ada cara agar proses pengambilan foto Anda menjadi sulit. Sebagai contoh Anda bisa menempelkan watermark pada foto Anda menggunakan aplikasi edit foto. Selain itu juga Anda bisa menggunakan kode JavaScript untuk mematikan fungsi klik kanan pada mouse.

Loading...