"> Cara Aman Menggunakan Smartphone Android :: Tips dan Cara
 

Cara Aman Menggunakan Smartphone Android

Loading...

Cara Aman Menggunakan Smartphone AndroidMemiliki smartphone Android tentunya Anda sudah mengetahui bahwa sistem operasi Android yang begitu luas dan terbuka sehingga memudahkan orang lain untuk masuk dan mengganggu penggunaannya. Virus berupa aplikasi jahat seperti malware dan spyware yang tersebar luas di internet mengintai pengguna Android yang lengah.

Malware dan spyware ini dapat mencuri data dalam Android Anda bahkan lebih parahnya bisa merusak smartphone Anda. Nah berikut ini cara agar Anda tetap merasa nyaman saat menggunakan smartphone Android kesayangan Anda.

Instal Antivirus

Karena performa sistem Android Anda hampir sama dengan sistem operasi komputer maka sangat dibutuhkan Antivirus untuk menangkal virus seperti malware dan spyware. Untuk aplikasi antivirus Android banyak tersedia di Play Store smartphone Android Anda dari yang rumit sampai yang sederhana. Aplikasi antivirus ini akan men-scan semua data yang masuk ke smartphone Android Anda sehingga lebih aman.

Berhati-hati Saat Terhubung dengan Jaringan Wi-Fi

Jaringan Wifi sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuka perangkat yang terhubung di smartphone Anda. Banyaknya hal-hal yang bisa dilakukan melalui jaringan Wi-Fi seperti mengetahui situs yang telah Anda kunjungi, data yang keluar masuk dari perangkat gadget Anda, bahkan password Anda.

Untuk mencegah hal itu sebaiknya gunakan layanan VPN. VPN adalah layanan yang mendukung sistem operasi smartphone Android Anda, agar Anda dapat melakukan pengaturan dengan cepat dan mudah.

Selektif Dalam Memilih Aplikasi

Cara yang paling mudah masuknya virus seperti malware dan spyware di smartphone Android Anda adalah saat melakukan penginstalan aplikasi. Dengan tampilan yang bagus dan tidak mencurigakan, aplikasi ini akan melakukan berbagai hal di perangkat smartphone  Android Anda setelah Anda selesai melakukan penginstalan.

Hindari Root

Bagi Anda yang sudah mengetahui banyak hal tentang Android, Anda dapat melakukan root pada perangkat smartphone Android Anda. Dengan begitu Anda akan memegang kendali penuh pada sistem Android Anda, meskipun root hanya disarankan untuk orang-orang yang bisa mengendalikan sistem Android secara penuh. Artinya jika Anda belum ahli untuk bermain dengan sistem Android dan memilih untuk menggunakan root, pastinya Android Anda akan dengan mudah menerima serangan virus.

Instal Aplikasi Anti Maling

Sebaiknya Anda menggunakan aplikasi anti maling atau anti-theft. Anti-theft dapat mencegah dan mengatasi saat Anda kehilangan perangkat Android Anda. Dengan aplikasi ini akan membuat smartphone Android Anda berbunyi saat digerakkan dan mencegah orang lain untuk mengakses data pribadi dari Android Anda, selain itu juga Anda bisa melacak menggunakan GPS saat smartphone Android Anda hilang.

Loading...