Cara Mengatasi Rasa Mual dan Muntah Saat Hamil

Cara Mengatasi Rasa Mual dan Muntah Saat HamilIbu hamil dianjurkan mencukupi nutrisinya untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri dan janin. Namun beberapa ibu hamil sering mengalami berbagai masalah untuk memberikan nutrisi tersebut. Masalah yang sering dialami selama kehamilan adalah adanya rasa mual dan muntah.

 

Menurut dr Prima Progestian SpOG mengatakan bahwa 50-90% ibu hamil akan mengalami rasa mual dan muntah pada trisemester awal (minggu pertama) kehamilan. Trisemester awal kehamilan adalah saat usia kehamilan 1-12 pekan.

Biasanya rasa mual yang dialami ibu hamil, dikarenakan peningkatan kadar hormon estrogen. Rasa mual tersebut dapat membuat ibu hamil merasa lemas dan tidak enak badan sehingga memilih untuk tidak melakukan kegiatan atau aktivitas apapun.

Untuk mengatasi rasa mual dan muntah sebaiknya Anda tetap melakukan beberapa aktivitas. Berikut ini cara mengatasi rasa mual dan muntah saat hamil:

Makan Permen Asam

 

Mengkonsumsi permen asam dapat membantu Anda menghilangkan rasa mual dan muntah pada trisemester awal. Namun Anda jangan mengkonsumsinya secara berlebihan agar asam lambung Anda tidak meningkat.

Mengkonsumsi Jahe

BACA:  Cara Mudah Hidup Sehat

Jahe adalah obat alami yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan rasa mual dan muntah. Saat ingin meminum jahe bisa Anda campurkan dengan teh hangat. Rasa hangat dari jahe dapat Anda rasakan menyebar ke seluruh tubuh Anda sehingga rasa mual dan muntah akan hilang sedikit demi sedikit. Namun Anda jangan mengkonsumsinya secara berlebihan karena akan terasa panas.

Mengkonsumsi Buah Yang Dingin

Mengkonsumsi buah yang dingin dapat menghilangkan rasa mual dan muntah. Itu dikarenakan rasa dinginnya akan membantu Anda mengalihkan rasa mual. Namun Anda harus ingat untuk tidak mengkonsumsi buah nanas, pepaya, anggur dan durian selama masa kehamilan.

Berada Dalam Ruangan Dingin

Biasanya selama masa kehamilan Anda cepat merasa kepanasan dan akan semakin meningkat saat Anda merasa mual dan muntah. Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk selalu berada dalam ruangan yang dingin agar menjaga suhu tubuhnya tetap seimbang.

Berolahraga Ringan

Sebaiknya Anda tetap melakukan olahraga selama masa kehamilan untuk meringankan rasa mual dan mengobati morning sickness. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai pagi dan sore hari, yoga dan renang.

 
 

10+ Topik Terbaru

bulu alis panjang satu, pinggiran hp mengelupas, cara mencairkan lem, arti bulu alis panjang satu, cara membuat kutek dari lipstik, cara mencairkan lem korea yang mengeras, cara menggingsulkan gigi, cara memikat hati wanita yg sudah bersuami, game menghapus baju wanita, cara membuka kap mobil panther, arti mimpi membeli pensil alis, cara menekuk topi, Belajar membuka pintu mobil, 6 standar matahari, cara melelehkan karet