4 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Loading...

4 Cara Mengobati Asam Urat Secara AlamiHiperuricemia yang dikenal dengan kelainan metabolik dimana kadar asam urat meningkat di dalam darah. Pada umumnya pria lebih berisiko terkena asam urat dibandingkan wanita di atas usia 65 tahun.

Kandungan purin dalam tubuh yang berlebihan dapat menyebabkan asam urat. Penyakit asam urat ini dapat menyerang bagian tangan dan kaki. Sendi di bagian tangan dan kaki Anda akan terasa sakit dan bengkak.

Hiperuricemia atau asam urat dapat dicegah dengan bahan-bahan alami seperti berikut ini!

Sidaguri

Sidaguri kaya akan kalsium oksalat, tanin, saonin, alkaloid, asam amino, fenol, minyak atsiri, hingga zat phlegmatic yang terdapat pada daunnya. Bagi yang sensitif alkaloid efedrine disarankan anak-anak dan ibu hamil untuk tidak mengkonsumsinya. Sementara pada akarnya banyak mengandung polifenol dan flavonoid yang berfungsi melarutkan asam urat dan membuangnya bersama urin.

Sambiloto

Sambiloto banyak mengandung alkohol, keton, aldehid, flavonoid, kalsium, kalium , dan natrium yang bermanfaat untuk antinyeri, antiradang, hingga menawarkan racun.Caranya sediakan 10 gram sambiloto kering, temulawak 10 gram, komfrey 5-10 gram, lada 1 gram dan 5 gelas air di campur menjadi satu kemudian di rebus. Hasil rebusan inilah yang Anda minum untuk mengatasi asam urat.

Kumis kucing

BACA:  Tips Menghilangkan Rasa Kram pada Kaki

Tanaman kumis kucing ini bermanfaat sebagai penghancur batu di ginjal atau saluran kencing. Kandungan diuretiknya dapat melarutkan asam urat dan membuangnya bersama urin. Caranya sediakan daun kumis kucing kering 10 gram, meniran kering 10 gram, sawi tanah kering 10 gram, jahe merah memar kering 15 gram, kapulaga kering 10 gram dan satu liter air putih di rebus menjadi satu.

Daun salam

Daun salam sering digunakan sebagai bumbu tambahan untuk membuat masakan agar terasa nikmat. Selain itu daun salam juga bermanfaat mengobati asam urat. Caranya daun salam direbus dengan 3 gelas air putih.