5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Loading...

TIPSDANCARA.NET ~ Selain jerawat, masalah kulit wajah lainnya yang sering dialami oleh para remaja atau mereka yang sedang dalam tahap pubertas adalah masalah komedo. Komedo sendiri biasanya tumbuh subur disekitar hidung.

Untuk menghilangknanya, jangan pernah mencoba untuk menggaruk atau memencet mencet hidung Anda. Bukannya hilang, komedo malah akan tampak menghitam dan bahkan bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah Anda.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Sebelum mengetahui cara menghilangkan komedo secara alami, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai jenis komedo yang ada.

Komedo terbuka

komedo yang terbuka atau blackhead akan terlihat seperti pori pori yang membesar dan warnanya hitam. Warna hitam tersebut berasal dari sumbatan pori pori yang berubah warnanya karena teroksidasi dengan udara.

Komedo Tertutup

Komedo yang tertutup atau whitehead akan terlihat seperti tonjolan putih kecil kecil dan terletak di bawah kulit. Jumlahnya biasanya sangat banyak dan membuat yang melihatnya merasa risih.

Faktor Penyebab Tumbuhnya Komedo

Komedo biasanya tumbuh karena disebabkan oleh sel kulit mati dan kelenjar minyak yang terlalu berlebihan pada kulit Anda.

BACA:  Cara Ampuh Atasi Kapalan Di Kulit

Hal ini bisa saja terjadi karena Anda tidak rajin membersihkan kulit wajah Anda setiap harinya sehingga kulit mati atau sel kulit mati akan menumpuk.

Jika dibiarkan terus menerus, maka sel kulit mati tersebut akan tertutupi oleh minyak di permukaan kulit lalu terjadilah penyumbatan pada pori pori dan tumbuhlan komedo.

Karena banyaknya remaja yang mengalami masalah komedo, tak heran jika akhir akhir ini ada banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan solusi atas masalah komedo tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan plester khusus.

Tapi bukannya mengatasi komedo, plester malah akan membuat kulit disekitar hidung Anda menjadi memerah dan iritasi. Anda juga sangat tidak dianjurkan untuk memencet atau menggaruk komedo di sekitar hidung Anda.

Cara Mengobati atau Menghilangkan Komedo Secara Alami

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengobati atau menghilangkan komedo, antara lain sebagai berikut:

Gunakan Garam

Garam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi komedo yang tumbuh subur di sekitar hidung Anda. Caranya sangatlah mudah, cucilah wajah Anda dengan air hangat agar pori pori di wajah Anda sedikit terbuka.

BACA:  Tips Ampuh Mengecilkan Betis yang Besar

Setelah itu basuhlah wajah Anda dengan air yang telah dicampurkan dengan garam. Lakukan cara ini minimal sekali dalam sehari. Hal ini dimaksudkkan untuk mengurangi kadar minyak berlebih dalam wajah Anda.

Gunakan Pasta Gigi

Boleh percaya dan boleh juga tidak, pasta gigi bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi komedo membandel. Oleskan sedikit pasta gigi pada daerah wajah yang berkomedo lalu diamkan selama beberapa saat. Setelah dirasa cukup, bilaslah dengan menggunakan air bersih.

Jeruk Lemon

Selain ampuh untuk mengatasi jerawat, jeruk lemon juga sangat ampuh untuk mengatasi komedo yang tumbuh subur di sekitar hidung Anda.

Caranya adalah dengan memeras jeruk lemon kemudian balurkan airnya pada area wajah yang tedapat komedo. Akan lebih baik jika Anda menggunakan cara ini setiap hari, tepatnya pada pagi hari.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan komedo. Caranya adalah dengan mematahkan lidah buaya lalu mengoleskannya pada area wajah yang terkena komedo.

Es Batu

Walaupun tidak sampai menyembuhkan, tapi es batu bisa Anda manfaatkan untuk membuat pori pori di sekitar wajah Anda mengecil sehingga komedo tidak bisa tumbuh lagi.

BACA:  Tips Efektif Mengencangkan Kulit Kendur Setelah Diet

****

Itulah beberapa bahan dan cara alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah komedo di wajah Anda. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.