5 Tips Agar Introvert Mampu Berjualan

Loading...

Wanita Introvert
Wanita Introvert Bisa Juga Sukses Berbisnis

TIPSDANCARA.NET – Ada banyak kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan yang ingin sukses. Selain  harus memiliki kemampuan memanajemen bisnis dengan baik dan tepat, ada satu kemampuan yang seringkali dilupakan yaitu kemampuan menjual.

Saat ini konsumen tidak lagi membeli hanya berdasarkan kualitas produk yang dijual, tapi juga bagaimana cara wirausahawan tersebut menawarkan produknya.

Mengapa wirausahawan harus menjual? Bukankah ia lebih banyak diam di tempat dan memasarkannya lewat iklan dan media lainnya? Jika wirausahawan juga harus menjual, bukankah itu sama saja dengan seller?

Memang pendapat anda tidak salah, akan tetapi anggaplah seorang wirausahawan yang dimaksud disini belum memiliki modal yang besar sehingga ia tidak bisa menyewa lokasi dan memasang iklan. Karena itulah, ia harus berjualan berkeliling bak seorang sales yang menawarkan produknya dari satu tempat ke tempat lain.

Kita tahu bahwa kepribadian manusia terdiri atas dua, yakni ekstrovert dan introvert. Seorang wirausahawan berkepribadian ekstrovert akan lebih mudah untuk berjualan karena mereka bukan tipe malu dan lepas dalam berbicara, lalu bagaimana dengan pribadi introvert?

BACA:  Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Dalam berjualan, seorang wirausahawan tidak boleh menjadi pribadi introvert. Bagi anda yang berkepribadian introvert, anda harus mencoba beberapa tips ini :

Munculkan Rasa Semangat yang Berkobar

Mungkin kata berkobar sedikit berlebihan, akan tetapi hal ini sangat cocok jika diterapkan pada pribadi introvert yang cenderung malu, tidak percaya diri, dan sedikit berbicara. Dengan antusiasme yang anda miliki, konsumen akan tertarik dan membeli produk yang anda tawarkan. Selain itu, rasa tidak percaya diri anda akan hilang dengan sendirinya.

Lakukan Berbagai Hal yang Membuat Anda Takut

Dalam hal ini anda harus melakukan berbagai hal yang membuat anda takut dan tidak nyaman. Umumnya pribadi introvert memiliki ketakutan dalam memulai pembicaraan apalagi bila diperhadapkan dengan orang yang tidak dikenal. Anda harus mencoba untuk menghilangkan ketakutan itu dengan melawannya secara step by step.

Anda bisa memulainya dengan menelepon orang yang anda kenal, memberitahukan gambaran singkat usaha anda, dan mengajak bertemu. Jika hal ini dilakukan berulang kali, dengan sendirinya ketakutan anda akan hilang secara perlahan.

BACA:  Cara Mengatasi Rasa Malas Kerja Setelah Hari Libur

Paksakan Diri untuk Berdiri di Tengah-tengah Publik

Pergilah keluar dan carilah tempat yang cukup ramai agar anda bisa bersosialisasi. Lakukan hal itu berulang kali sampai akhirnya anda merasakan kenyamanan ketika berada di tengah-tengah lingkungan tersebut.

Libatkan juga diri anda dalam setiap organisasi yang dapat memberikan anda peluang untuk berbicara dan mengemukakan pendapat di depan banyak orang. Dengan begitu, kemampuan berbicara akan semakin terlatih sampai akhirnya anda tidak lagi takut untuk memulai pembicaraan.

Menyibukkan Diri

Pergerakan yang dilakukan secara konstan dan continue akan membuat kita tidak memiliki waktu untuk mengatakan bahwa kita tidak nyaman. Selain itu, anda akan cenderung membutuhkan pertolongan orang lain.

Mau tidak mau, anda harus meminta tolong kepada orang disekitar anda jika tidak ingin pekerjaan anda menjadi terbengkalai. Memberanikan diri untuk meminta tolong akan membuat kepribadian anda lebih berkembang.

Membantu Orang Lain Berjualan

Sewaktu-waktu jumlah penjualan akan menurun, otomatis hal itu akan membuat anda kembali tidak semangat dan tidak percaya diri. Di saat-saat seperti itu, sebaiknya anda membantu orang lain untuk menjual produknya.

BACA:  Cara Agar Karir Impian Menjadi Terwujud

Dengan begitu, anda tidak akan terlalu memikirkan kegagalan yang sedang dialami, apalagi jika semua produk itu mampu terjual berkat bantuan anda, tentu rekan anda akan memuji dan berterimakasih kepada anda. Tentunya hal ini akan membuat anda kembali percaya diri dan bersemangat untuk melanjutkan usaha.

***

Selamanya berada di zona yang nyaman tak akan membuat anda berkembang lebih baik. Cobalah hal-hal baru yang akan membuat anda lebih percaya diri, karena hal itu akan sangat membantu anda dalam berwirausaha.