Cara Agar Tidak Tertular Bakteri Dan Virus Di Toilet Umum

Loading...

Cara Agar Tidak Tertular Bakteri Dan Virus Di Toilet UmumTentu Anda sudah tahu bahwa toilet umum merupakan rumah dari bakteri dan virus yang bisa saja Anda terkontaminasi dengan mudah. Tapi, saat Anda berada di luar rumah, pasti Anda akan masuk ke toilet umum.

Ada banyak bakteri dan virus yang bisa ditemukan di toilet umum seperti E.coli, streptococcus, virus hepatitis A, staphylococcus, shigella bacteria, dan masih banyak lagi.

Namun, Anda jangan khawatir karena ada beberapa bakteri dan virus yang tidak dapat menginfeksi Anda secara langsung. Jika Anda mempunyai daya tahan tubuh yang kuat dan selalu menjaga kebersihan.

Bukankah lebih mencegah daripada mengobati. Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara agar tidak tertular bekteri dan virus di toilet.

Cara Menggunakan WC

Memang sangat sulit untuk menghindari dari kontak langsung dengan WC, apalagi jika menggunakan WC jenis duduk. Demi kesehatan Anda, sebaiknya hindari kontak langsung dengan benda-benda yang berada ditoilet.

Untuk itu, selalu gunakan toilet cover yang biasa disediakan di dalam toilet. Tetapi, hanya sebagian kecil toilet umum yang menyediakan fasilitas ini. Jadi Anda harus membawa cadangan sendiri. Toilet cover bertujuan agar Anda tidak kontak langsung dengan dudukan toilet yang kotor.

BACA:  Cara Mudah Menjaga Gigi Tetap Putih

Bawa Keperluan Toilet Sendiri

Anda juga bisa membawa tissue atau hand towel karena tidak semua toilet umum menyediakannya. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda mengurangi kontak langsung dengan benda-benda di toilet umum.

Karena masih banyak orang yang langsung mengambil tissue atau hand towel tanpa mencuci tangannya lebih dulu.

Batasi Kontak Langsung

Saat Anda ingin memutar kran air untuk mencuci tangan. Sebaiknya gunakan tissue untuk memutarnya setelah mencuci tangan. Karena kran air termasuk benda yang selalu disentuh orang saat berada di toilet. Bahkan, Anda juga harus menggunakan tissue saat menggunakan alat pengering tangan.

Selalu Cuci Tangan

Anda harus memperhatikan kebersihan tangan, terutama setelah menggunakan toilet umum. Usahakan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun. Dengan begitu, Anda terhindar dari bakteri dan virus.

Jangan pernah menyentuh wajah atau rambut Anda, sebelum mencuci kedua tangan Anda.