Cara Ampuh Mengatasi Susah Buang Air Besar

Loading...

Cara Ampuh Mengatasi Susah Buang Air BesarApakah Anda sering merasakan susah buang air besar? Merasakan susah air besar pasti membuat Anda tidak nyaman. Anda merasakan perut Anda penuh tapi tidak bisa dikeluarkan. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya orang-orang akan mengkonsumsi obat yang dapat memperlancar buang air besar. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi obat tersebut secara berlebihan tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Penyebab utama seseorang susah buang air besar karena memiliki pola makan yang tidak sehat, terlalu sering mengkonsumsi obat pencahar, kurangnya cairan dan serat-serat dalam tubuh, dan melakukan diet yang tidak sehat.

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan pencernaan seperti di atas, Anda jangan khawatir karena ada solusi untuk bisa mempelancar kembali BAB Anda.

Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Sebaiknya Anda mengkonsumsi buah dan sayur seperti kol agar dapat memperlancar saluran pencernaan Anda. Sayur kol kaya akan serat dan mempunyai berbagai enzim yang bermanfaat mempelancar sistem pencernaan Anda. Selain itu juga sayur kola dapat membersihkan hati Anda dari dalam hati.

BACA:  Cara Cepat Menambah Berat Badan

Rajin Meminum Air Putih

Penyebab lain dari susah buang air besar adalah karena kurangnya minum air putih. Maka dari itu, sebaiknya Anda meminum air putih sebanyak 2 liter per hari agar dapat memperlancar BAB Anda. Tetapi jika Anda memiliki tubuh yang kurus, sebaiknya mengurangi porsi minum air putih.

Mengurangi Makan Olahan

Pada umumnya makanan olahan banyak mengandung bahan pengawet, sehingga makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan Anda. Untuk memperlancar BAB Anda sebaiknya Anda kurangi untuk mengkonsumsi makanan olahan.

Tetap Beraktivitas dan Berolahraga

Ketika Anda mengalami kesulitan BAB, dianjuran untuk tidak duduk terlalu lama. Melakukan pergerakan dapat membantu usus Anda terus bekerja sehingga dapat memperlancar pencernaan Anda. Rajin berolahraga dapat meningkatkan aliran darah Anda ke usus dan meningkatkan motilitas gastrointestinal sehingga Anda terhindar dari susah BAB.

Memijat Perut

Memijat perut adalah cara yang paling mudah Anda lakukan untuk memperlancar BAB. Caranya pijat perut Anda dengan lembut saat Anda sedang santai atau perut Anda tidak penuh. Cara tersebut dapat membuat perut Anda menjadi rileks dan tenang sehingga dapat mencerna makanan dengan maksimal.