Cara Merawat Luka Bekas Operasi Caesar

Loading...

Cara Merawat Luka Bekas Operasi Caesar
Cara Merawat Luka Bekas Operasi Caesar

TIPSDANCARA.NET – Ada beberapa wanita yang lebih memilih melakukan operasi caesar dibanding melahirkan secara normal. Salah satu alasan mereka adalah agar anaknya bisa lahir pada tanggal yang sudah ditentukan.

Namun sebenarnya operasi caesar dapat dilakukan kesehatan si ibu maupun janin dalam bahaya. Meski proses melahirkan operasi caesar terbilang cepat, tapi luka yang ditimbulkan lebih lama untuk sembuh. Apalagi jika perawatannya tidak dilakukan secara benar.

Bukankah itu sangat bahaya? Oleh karenanya langsung saja Anda simak berikut ini cara merawat luka bekas operasi caesar:

Kebersihan Tubuh

Untuk mempercepat proses penyembuhan luka tersebut, maka jagalah kebersihan tubuh Anda. Selalu bersihkan bekas operasi menggunakan cairan antiseptik dan antibiotik. Selain itu, jangan pernah menyentuh bekas operasi dengan tangan yang belum bersih.

Cara Berpakaian

Setelah Anda melakukan operasi caesar, hindari dulu mengenakan pakaian yang ketat. Lebih baik Anda mengenakan pakaian yang agak longgar sampai luka bekas operasi tersebut kering. Karena pakaian yang ketat hanya membuat bekas luka menjadi iritasi.

BACA:  Cara Sehat Memakai High Heels

Hindari Pekerjaan Berat

Selama bekas operasi belum kering, jangan pernah melakukan pekerjaan berat atau mengangkat beban berat. Hal ini akan menekan perut sehingga bisa menimbulkan rasa sakit pada bekas operasi.

Makanan Pantangan

Hindari mengkonsumsi makanan produk gula, daging merah, produk susu, karena hal ini bisa menyebabkan sambelit. Selain itu, makanan ini dapat menimbulkan rasa sakit pada bekas operasi.

Loading...