Cara Merawat Rambut Setelah Berenang

Loading...

Cara Merawat Rambut Setelah BerenangBerenang adalah salah satu olahraga yang paling disenangi oleh orang-orang. Berenang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh seperti membakar lemak dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Melakukan olahraga seperti berenang dapat membuat semua otot dalam tubuh Anda ikut bergerak sehingga dapat memperkuat otot-otot Anda.

Perlu Anda ketahui di balik manfaat yang didapat dari renang, tetapi juga memberikan dampak buruk bagi tubuh Anda. Apa? Kebanyakan orang mengeluh ketika selesai berenang bahwa rambut mereka menjadi kering dan kusam sehingga membuat rambut terlihat menjadi tidak sehat. Hal ini disebabkan adanya kandungan klorin dalam kolam renang tersebut yang dapat mengurangi minyak alami pada kulit kepala Anda sehingga menyebabkan kerusakan pada kutikula.

Namun Anda jangan khwatir rambut Anda akan menjadi rusak setelah berenang. Karena ada Cara Merawat Rambut Anda Setelah Berenang:

Memakai Pelindung Rambut

Untuk menghindari Anda dari kerusakan rambut setelah berenang, Anda bisa menggunakan topi renang agar rambut Anda terhindar dari kandungan kimia yang terdapat dalam kolam renang. Tetapi perlu Anda ketahui, sebelum Anda memakai topi renang sebaiknya Anda membasahi rambut terlebih dahulu dengan air keran.

BACA:  Tips Menghindari Tubuh Bungkuk Saat Bekerja Di Depan Komputer

Memakai Pelembab Rambut

Jika Anda tidak menyukai memakai topi renang, Anda bisa menggunakan pelembab rambut sebelum masuk ke kolam renang. Menggunakan pelembab rambut dapat menghalangi kontak langsung zat kimia dengan rambut Anda.

Membilas dengan Air Keran

Ketika Anda selesai berenang, dianjurkan untuk langsung membilas rambut dan seluruh tubuh Anda dengan air bersih dari keran. Hindari menunda hal tersebut agar rambut Anda tidak terkontaminasi dengan bahan kimia lebih lama. Bilas rambut Anda menggunakan shampo dan kondisioner agar rambut Anda menjadi lembut dan sehat kembali.

Hindari Menggosok Rambut dengan Handuk

Saat Anda mengeringkan rambut, sebaiknya Anda jangan menggosok rambut Anda dengan handuk. Lebih baik jika Anda menepuk rambut Anda dengan lembut. Namun jika Anda ingin cepat kering, Anda bisa menggunakan hair dryer.

Menggunakan Sisir Bergigi Jarang

Setelah selesai berenang dan ingin menyisir rambut Anda, sebaiknya menggunakan sisir bergigi jarang untuk mencegah rambut Anda rontok dan patah. Tetapi sebelum di sisir pakailah vitamin rambut agar tetap sehat dan berkilau.