Cara Mudah Mencegah Sakit Punggung Saat Hamil

Loading...

pKehamilan adalah sebuah anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan bagi setiap pasangan yang telah melakukan pernikahan. Ketika mengetahui kehamilan pastinya membuat pasangan tersebut dan keluarganya merasa bahagia.

Tetapi biasanya wanita yang mengandung tidak selamanya merasa bahagia, itu dikarenakan saat wanita hamil akan merasakan sakit seperti sakit pinggang, pegal-pegal dibagian anggota tubuh, dan sakit punggung.

Perlu Anda ketahui bahwa semakin bertambahnya usia kehamilan, berarti semakin berat pula beban yang harus Anda topang. Jadi wajar-wajar saja jika Anda mengalami pegal-pegal atau sakit punggung selama masa kehamilan. Tetapi Anda jangan khawatir karena ada cara agar Anda tidak mengalami keluhan itu.

Berikut beberapa cara mudah mencegah sakit punggung saat hamil:

Tetap Aktif Bergerak

Selama masa kehamilan bukan berarti Anda hanya bermalas-malasan dan melamun di rumah saja. Jadi ada baiknya jika Anda tetap aktif bergerak agar kondisi kehamilan Anda tetap sehat. Lakukan aktivitas yang ringan seperti jalan santai, yoga, senam kehamilan atau memasak.

Hindari Kebiasaan Membungkuk

BACA:  Tips Agar Tidak Masuk Angin Saat Mudik

Saat sedang hamil sebaiknya Anda untuk tidak membungkuk, apalagi saat Anda mengambil barang dengan membungkuk. Membungkuk dapat menambah berat beban pada perut Anda sehingga menyababkan nyeri bahkan lebih parahnya bisa menyebabkan cidera. Jadi hindari mengambil barang dengan cara membungkuk.

Memakai Penopang Punggung

Untuk menghindari nyeri punggung dan menjaga poster tubuh Anda tetap sehat, Anda bisa menggunakan penopang punggung khusus untuk ibu hamil. Selain itu juga Anda bisa meminta bantuan kepada sang suami untuk melakukan pijatan ringan di punggung Anda.

Duduk Dengan Posisi Yang Benar

Para ibu hamil yang masih aktif bekerja di kantor, usahakan agar kursi yang Anda duduki tetap nyaman. Kursi yang nyaman dapat menopang seluruh punggung Anda. Untuk lebih nyaman Anda bisa menambahkan bantal untuk dijadikan penyangga. Hindari menyilangkan kaki saat duduk atau menaruh satu kaki diatas kursi. Usahakan melakukan peregangan setiap 30 menit sekali untuk menghindari nyeri punggung.

Menganti Posisi Perlahan-lahan

Selama Anda hamil, sebisa mungkin menganti posisi Anda secara perlahan-lahan. Sebagai contoh, ketika Anda sedang duduk kemudian Anda ingin berdiri. Lakukan secara perlahan-lahan untuk mengganti posisi tersebut agar punggung Anda tidak tersentak.

Loading...