Cara Sehat Berbuka Puasa

Loading...

Cara Sehat Berbuka Puasa
Cara Sehat Berbuka Puasa

TIPSDANCARA.NET – Puasa adalah salah satu bentuk ibadah yang mengharuskan kita menahan rasa lapar, haus, dan nafsu. Puasa di bulan suci ramadhan hukumnya wajib bagi umat muslim. Selain itu, puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Selama berpuasa, produksi enzim di bagian saluran pencernaan sangat sedikit sehingga bisa mempengaruhi lapisan lendir di perut. Maka dari itu, kita diharuskan untuk memenuhi nutrisi saat berbuka puasa dan sahur. Namun yang utama adalah saat buka puasa. Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini cara sehat berbuka puasa:

Air Putih

Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh selama bulan puasa. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung garam dalam jumlah yang banyak tanpa jumlah asupan air yang cukup. Hal ini dapat menyebabkan batu ginjal. Untuk itu, saat berbuka puasa, pertama-tama minumlah air putih.

Buah-buahan Segar

Sebelum Anda mengkonsumsi makanan berat, dahulukan makan buah-buahan. Misalnya buah yang banyak mengandung air agar perut Anda terasa kenyang. Hal ini dilakukan untuk mencegah Anda makan berlebihan saat berbuka.

BACA:  Tips Merenovasi Rumah Idaman

Protein

Makanan berprotein perlu Anda konsumsi selama berpuasa. Misalnya yogurt yang kaya akan kalsium, protein dan rendah gula. Tujuannya untuk menahan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama sehingga mencegah Anda makan berlebih.

Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan untuk mengembalikan energi. Namun, hindari mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan. Tujuannya agar Anda tidak mudah lesu. Bila perlu, gantilah nasi dengan gandum seperti roti gandum.