Cara Sehat Mencegah Kanker Serviks

Loading...

Cara Sehat Mencegah Kanker ServiksKanker serviks merupakan salah satu penyakit yang selalu mengintai wanita. Kanker serviks atau kanker mulut Rahim disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Sampai saat ini kanker serviks sudah menjadi sosok yang sangat menakutkan bagi wanita, karena sudah banyak yang menyebabkan kematian.

Data yang diperoleh dari International Agency for Research on Cancer tahun 2004 menyatakan bahwa setiap jam wanita meninggal akibat kanker serviks. Walaupun begitu kanker mulut rahim atau kanker serviks dapat dicegah.

Apa-apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker serviks, berikut ini dilansir dari beberapa sumber:

Vaksinasi HPV

Untuk mencegah kanker serviks dengan melakukan vaksinasi HPV. Menurut dokter spesialis penyakit dalam RSCM mengemukakan bahwa melakukan vaksinasi dilengkapi dengan skrining dapat mengurangi resiko kanker serviks.

Melakukan vaksinasi dapat mencegah kanker serviks akibat terinfeksi HPV tipe 6, 11, 16, 18. Perlu Anda ingat bahwa tipe 16 dan 18 adalah penyebab utama kanker serviks sebesar 70% dan tipe 6 dan 18 adalah penyebab kutil pada kelamin. Jadi untuk mencegah terinfeksinya HPV Anda harus melakukan vaksinasi sebanyak 3 kali.

BACA:  5 Cara Cepat Menghilangkan Bau Badan

Tidak Melakukan Hubungan Seksual Pada Usia Dini

Menjaga organ kewanitaan Anda sangat penting agar Anda terhindari dari berbagai penyakit. Jadi hindari untuk melakukan hubungan seksual di usia muda, apalagi jika Anda belum menikah. Selain itu juga, bagi Anda yang telah menikah, dianjurkan untuk tidak mengganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual.

Mengkonsumsi Sayur dan Buah-buahan

Mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari merupakan solusi terbaik agar Anda bisa terhindar dari kanker serviks. Itu dikarenakan sayuran seperti brokoli, wortel dan bayam kaya akan beta karoten.