Cara untuk Membersihkan ABS Honda Stream

Loading...

Cara untuk Membersihkan ABS Honda StreamABS atau Anti-Lock Braking System adalah salah satu perangkat yang sangat penting bagi kendaraan Anda. ABS atau Anti-Lock Braking System berfungsi menghindari roda Anda terkunci ketika terjadi hard braking.

Tujuannya agar bodi kendaraan Anda dapat dikendalikan. Ketika terjadi kerusakan pada sensor ABS yang terletak di as roda kendaraan Anda, maka secara otomatis lampu indikator ABS akan menyala.

Jika terjadi peringatan ABS seperti ini pada Honda Stream keluaran 2002 menggunakan transmisi matik. Anda jangan langsung berfikiran bahwa pompa ABS bermasalah atau lampu indikatornya yang rusak.

Penyebab utama mendapatkan peringatan ABS ini karena tebalnya debu dan kotoran menempel pada gerigi ABS. Tentunya karena letak ABS yang terbuka, sehingga dengan mudah debu dan kotoran menumpuk di bagian itu.

Ketika kunci kontak Anda dalam posisi On, tentunya lampu indikator ABS akan menyala beberapa detik, kemudian mati. Jika lampu indikator kendaraan Anda terus menyala berarti ada masalah pada sensor ABS Anda.

Hal seperti ini jarang sekali terjadi, karena mobil pengeluaran sekarang ini rata-rata geriginya sudah di dalam as roda. Kecuali bagi Anda yang memiliki kendaraan Honda Stream tentunya masih berada di luar.

BACA:  Tips Merawat Knalpot Motor Agar Tetap Awet

Berikut ini beberapa cara untuk membersihkan ABS Honda Stream:

1. Pertama Anda harus memperhatikan lampu indikator ABS, jika menyalah terus berarti Anda harus membersihkan gerigi ABS tersebut.

2. Letak gerigi ABS sangat mudah dijangkau, tepatnya di dalam ruang mesin bagian atas. Namun Anda harus berhati-hati karena bagian ini sangat vital untuk kinerja ABS, tetapi tidak membutuhkan perawatan khusus.

Cara kerjanya hanya membagi rata dan mencegah roda kendaraan Anda terkunci ketika hard breaking.

3. Karena gerigi ABS sangat mudah untuk di jangkau, Anda cukup menggunakan dongkrak untuk mempermudahkan Anda membersihkan gerigi ABS dari debu dan kotoran yang menempel.

4. Gunakan kuas dan minyak tanah agar gerigi ABS Anda benar-benar bersih dari debu dan kotoran. Hindari penggunaan cairan pembersih karena akan merusak gerigi ABS kendaraan Anda.

Loading...