Tips Efektif Menghindarkan Anak dari Obesitas

Loading...

Tips Efektif Menghindarkan Anak dari ObesitasPada umumnya orang tua akan merasa senang ketika melihat anaknya banyak makan. Tetapi Anda harus pastikan bahwa makanan yang dia konsumsi adalah makanan yang sehat agat terhindari dari obesitas pada anak.

Dilansir dari beberapa sumber obesitas pada anak terus meningkat dari tahun ke tahun. Di Indonesia sendiri, obesitas pada anak meningkat rata-rata 15-20 % per tahun. Pastinya angka yang sangat mengkhawatirkan mengingat masih banyak anak-anak lain yang kekurangan gizi.

Perlu Anda ketahui bahwa obesitas pada anak bisa berdampak buruk bagi kesehatanya di kemudian hari. Jika terjadi demikian anak Anda akan mengalami stroke, serangan jantung dan diabetes. Maka dari itu, sebaiknya Anda harus mencegah obesitas pada anak sedini mungkin.

Memberi Contoh Pada Anak

Untuk mencegah obesitas pada anak Anda dapat lakukan dengan memberikan contoh pada anak dalam kehidupannya sehari-hari, tetapi Anda juga harus melakukannya. Saat Anda memberikan contoh yang baik kepada anak Anda tentunya akan berpengaruh baik juga pada kesehatannya.

Mengajaknya Berolahraga

BACA:  Cara Mencegah Kerusakan Mata Akibat Bekerja Didepan Komputer

Mengajak anak Anda berolahraga juga merupakan solusi untuk mencegah obesitas pada anak. Anda harus mendorongnya untuk menerapkan hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Sampaikan pada anak Anda bahwa hidup sehat bukan hanya menurungkan berat badan tetapi juga bisa mencegah berbagai penyakit.

Menyiapkan Cemilan Sehat di Rumah

Anda bisa menyiapkan cemilan yang sehat di rumah. Namun hindari untuk menyediakan cemilan yang mengandung MSG karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan anak Anda. Anda bisa membuat cemilan sehat seperti roti gandum, buah, dan salad.

Pastikan Ank Makan Sebelum Bepergian

Saat anak Anda ingin bepergian, ada baiknya jika Anda memastikan bahwa dirinya sudah makan di rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah anak Anda mengkonsumsi junk food atau makanan yang tidak sehat.

Melarang Anak Makan Sambil Menonton TV

Jangan membiarkan anak Anda makan sambil menonton TV. Hal ini bisa saja membuat anak Anda makan secara berlebihan sehingga akan mengalami obesitas.