Tips Menghindari Tubuh Bungkuk Saat Bekerja Di Depan Komputer

Loading...

Tips Menghindari Tubuh Bungkuk Saat BekerjaBagi Anda yang melakukan aktivitas di kantor dan menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, disarankan untuk lebih sering menggerakkan badan Anda bertujuan untuk memperlancar aliran darah Anda. Selain itu juga Anda harus memperhatikan cara duduk ketika bekerja di depan komputer agar poster tubuh Anda tidak menjadi bungkuk.

Menurut data yang diambil dari American Osteopathic Association (AOA) menunjukkan bahwa sekitar 62% orang merasakan nyeri punggung bawah, 53% di leher, 38% di bahu, 33% di pergelangan tangan, dan 31% di punggung atas dalam 30 hari terakhir. Beberapa orang mengemukakan bahwa rasa nyeri merupakan bagian rutin dari pekerjaan mereka.
Namun itu tidak dianjurkan oleh orang-orang yang bekerja di depan komputer tetapi mereka memperhatikan posisi duduk yang benar saat bekerja. Ketika Anda salah dalam posisi duduk saat bekerja pastinya akan membuat poster tubuh Anda menjadi bungkuk.

Berikut ini beberapa tips menghindari tubuh bungkuk saat bekerja:

Posisi Layar Monitor Sejajar dengan Mata

Memposisikan layar monitor sejajar dengan mata dapat mencegah tubuh Anda menjadi bungkuk. Sejajarkan dengan tinggi lurus mata Anda, agar kepala Anda tetap tegak dan hanya perlu mengerakkan maa Anda untuk melihat ke seluruh bagian layar monitor Anda, sehingga Anda terhindar dari rasa nyeri di punggung, leher, dan bahu.

Jarak Mata dengan Monitor Sekitar 45cm

BACA:  Tips Diet Untuk Penderita Maag

Saat Anda bekerja di depan layar monitor sebaiknya Anda tidak terlalu dekat melihat layar monitor Anda karena akan berdampak buruk bagi kesehatan mata Anda. Usahakan jarak pandang Anda dari layar monitor 45cm karena jarak tersebut akan membuat posisi kepala dan leher tetap tegak.

Posisi Pinggul Sejajar dengan Tulang Punggung

Sangat dianjurkan untuk membiasakan diri Anda duduk dengan posisi pinggul tetap sejajat dengan tulang punggung. Membungkukkan tubuh terlalu sering saat bekerja di depan layar monitor bisa menyebabkan rasa nyeri dan membuat tubuh Anda menjadi tidak rileks.

Memanfaatkan Sandaran Kursi dengan Tepat

Dengan memanfaatkan sandaran kursi untuk beristirahat akan membuat tulang belakang Anda tetap lurus. Jadi bersandar di kursi yang memiliki postur sesuai, pastinya membuat Anda tetap bersandar dengan posisi tulang punggung tetap tersanggah.

Memposisikan Tangan Senyaman Mungkin

Saat Anda bekerja, pastikan posisi siku Anda tetap berada di samping tubuh serta membentuk sudut siku-siku dengan lengan bawah. Selain itu juga, Anda harus pastikan posisi keyboard senyaman mungkin agar Anda tidak terlalu menggerakkan siku saat bekerja. Dengan posisi tersebut pastinya membuat Anda merasa nyaman dan mencegah tubuh Anda bungkuk.