Tips Menjadikan Buah Hati Sehat dan Cerdas

Loading...

Tips Menjadikan Buah Hati Sehat dan CerdasAnak bagaikan permata yang sangat berharga. Anda seperti menginvestasikan harta dan menunggu hasilnya di hari esok. Sebagai orang tua, tentunya Anda akan mendidik si buah hati dengan penuh pengorbanan dan cinta agar nantinya bisa menjadi kebanggaan keluarga yang di harapkan.

Terkadang dalam mendidik si buah hati seperti spekulasi dalam dunia bisnis. Anda akan mendidik, membina si buah hati dan di perlakukan secara khusus dengan harapan akan tumbuh menjadi dewasa yang cerdas.

Untuk mendidik si buah hati Anda agar tumbuh dan berkembang selamat dan sehat jasmani, rohani, sosial. Anda harus berperan aktif dalam proses tumbuh kembangnya si buah hati.

Berikut ini beberapa tips menjadikan buah hati sehat dan cerdas:

1. Perhatikan dan pahami tahap tumbuh kembang si buah hati Anda, karena setiap tahapan si buah hati Anda mempunyai tugas pertumbuhan dan perkembangan yang wajib dipenuhi dalam karateristik pola tertentu.

2. Jika Anda ingin memberikan hadiah kepada si buah hati Anda berupa mainan, ada baiknya Anda memilih mainan yang tidak beresiko bagi si buah hati Anda. Memilih mainan sesuai dengan kemampuan intelektual dan gerak yang dimiliki si buah hati Anda.

BACA:  Tips Mengatasi Anak yang Terlanjur Manja

Tetapi jika Anda memilih mainan yang tidak tepat, akan membuat si buah hati Anda cepat merasa bosan dan putus asa. Jadilah pilihalah mainan yang sesuai dengan umur si buah hati Anda agar dapat merangsang otaknya.

3. Amati pertumbuhan si buah hati bukan hanya sebatas fisik tetapi prilaku dan emosional juga sangat penting, apakah Anda melihat sesuatu yang berbeda dengan anak seusianya. Jika Anda melihatnya, maka Anda harus berkonsultasi kepada psikiater anak atau pihak yang lebih mengerti hal ini.

4. Memperkenalkan pendidikan spiritual juga tidak kalah pentingnya. Tetapi lakukan secara bertahap melalui aktivitas keagamaan, karena dengan kegiatan keagamaan si buah hati Anda akan mendapatkan pendidikan dan nantinya bisa dia gunakan sebagai modal kehidupannya nanti.

5. Menurut peneliti dari inggris, mainan elektronik yang mengeluarkan suara yang berlebihan akan merusak pendengaran si buah hati Anda, begitu juga dengan cahaya yang berlebihan dapat merusak penglihatan si buah hati Anda. Disarankan Anda harus berhati-hati dalam memberikan mainan elektronik kepada si buah hati Anda.