Tips Menjaga Keharmonisan Kakak dan Adik

Loading...

Tips Menjaga Keharmonisan Kakak dan AdikPastinya Anda sering melihat terjadi konflik antara kakak dan adik walaupun keduanya memiliki hubungan yang sangat dekat. Untuk menghindari terjadinya pertengkaran, Anda sebagai orang tua harus pintar-pintar memperlakukan anak Anda dengan cara yang unik dan sesuai. Karena setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda.

Boleh-boleh saja jika sang adik meniru tingkah laku kakaknya dalam beberapa hal, sebagai contoh kakaknya mendapatkan prestasi yang baik di sekolah atau di bidang olahraga. Tetapi bukan berarti sang adik harus meniru pada bidang prestasi yang telah di raih oleh kakaknya dan menimbulkan ketidak harmonisan antara kakak dan adik. Untuk mencegah hal itu berikut ini beberapa tips menjaga keharmonisan kakak dan adik:

1. Setiap anak memiliki kepribadian dan ketertarikan yang berbeda. Jadi Anda harus memahami hal ini dan jangan memaksakan kehendak Anda untuk memaksakan sang adik meniru apa yang di lakukan oleh kakaknya.

2. Terkadang untuk menjaga keharmonisan kakak dan adik dengan membiarkan kedua anak Anda bermain dengan temannya atau bermain sendiri secara terpisah. Agar mereka dapat mengembangkan potensi masing-masing.

3. Ketika Anak Anda mendapatkan prestasi yang baik, berikan hadiah yang sesuai kebutuhan mereka. Namun hindari memberikan hadiah yang sama. Karena memberikan hadiah adalah wujud penghargaan kepada anak Anda sebagai pribadi yang unik.

BACA:  Tips Agar Pernikahan Tetap Bahagia Dan Langgeng

4. Rencanakan waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama tiap-tiap anak. Lakukan hal ini secara bergantian. Agar Anda lebih memahami mereka secara individu. Melakukan hal ini akan membuat mereka merasa spesial. Namun Anda juga perlu menyatukan mereka pada waktu yang tepat, agar hubungan mereka berjalan dengan baik.

5. Jika Anda melihat sang adik yang selalu mengikuti kakaknya kemana dia pergi sehingga sang kakak merasa tidak nyaman, coba Anda tanyakan apa tujuan sang adik mengikuti kakaknya. Apakah hanya ingin belajar sesuatu yang baru dari kakaknya?

Jika demikian, Anda harus memberikan penjelasan kepada sang adik dengan bahasa yang mudah dia mengerti bahwa mencontoh semua yang dilakukan sang kakak tidak harus sama persis. Jelaskan bahwa sang adik juga memiliki kelebihan yang bisa di kembangkan.