Tips Merawat Knalpot Motor Agar Tetap Awet

Loading...

Tips Merawat Knalpot Motor Agar Tetap AwetMerawat knalpot motor Anda agar tetap awet bukan hanya dicuci atau melapnya. Itu adalah kebiasaan yang dilakukan tukang cuci motor yang berada di pinggir jalan. Akan tetapi masih banyak yang lebih penting untuk di perhatikan agar knalpot motor Anda tetap awet dan bersih.

Biasanya kotoran terdapat pada cover pemanis tabung silencer. Meskipun hanya sepele, tetapi bagian ini sangat sulit untuk dijangkau oleh tangan Anda dan membutuhkan perawatan khusus untuk mengerjakannya.

Jika Anda mempunyai waktu luang atau Anda sedang mencuci motor, jangan lupa untuk membersihkan bagian ini. Anda hanya membuka dua baut menggunakan kunci L 8, hingga terlihat bagian silencer dan sambungan knalpot. Gunakan sikat dan air sabun agar Anda mudah untuk membersihkannya.

Namun jangan terlalu sering untuk membersihkannya karena bisa saja berkarat dan tembus di bagian depan, sehingga menyebabkan lubang pada pipa saluran buang. Jika terjadi seperti ini maka dengan mudah knalpot Anda cepat rusak dan lebih buruknya baut pengikat jadi susah untuk Anda buka karena ditimbun karat.

Anda harus memperhatikan karat yang menempel pada sambungan pipa, silencer dan moncong knalpot. Dikhawatirkan akan menjadi tempat genangan air kotor, sehingga menimbulkan karat, dan menyebabkan kerusakan knalpot akibat patah. Namun ini bisa Anda atasi dengan menggunakan cat antikarat.

BACA:  Cara Tepat Merawat Busi Motor

Selain itu, pada bagian pemasangan pipa knalpot exhaust, jika Anda tidak mengikatnya dengan rapat dan baik, akan mengakibatkan air masuk dengan mudah dan membuat knalpot menembak. Maka sebaiknya Anda mengganti paking knalpot baru ketika pipa buang dilepas.